Bangkit dari COVID-19, Pertamina Berdayakan Kelompok Sektor Informal di Area Kamojang

65

Kamojang, 26 Agustus 2020 – Pertamina melalui afiliasinya PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Kamojang meresmikan pembukaan rangkaian Program Pembinaan UMKM Kamojang menuju sadar E-Commerce, Senin (24/08). Pertamina bekerja sama dengan Benih Baik dan Gambaran Brand melakukan pelatihan pembinaan terhadap 30 usaha mikro kecil menengah (UMKM). UMKM yang mengikuti pelatihan berada di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, dan Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bentuk pelatihan yang diberikan terdiri dari enam kategori yakni Pencatatan Keuangan, Media Sosial, Simple Management, Konsep Dasar Produksi, Pelayanan Pelanggan berbasis Protokol Kesehatan dan Proses Kerja.

Sapto Ciptadi, General Manager Area Kamojang menyampaikan  “Selama masa pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan namun juga berdampak pada sektor lainnya seperti sosial dan ekonomi. Pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu kunci pengembangan kapasitas dan ekonomi jangka panjang di kawasan yang terkena dampak COVID-19. Pada program ini masyarakat akan mendapatkan pelatihan dan inovasi-inovasi agar  usahanya tetap lancar dan akan didampingi selama kurang lebih tiga bulan oleh tenaga profesional.”

Mitra UMKM Pertamina akan mendapatkan pendampingan dan monitoring sekitar 3 bulan. Selain itu mitra UMKM akan mendapatkan kesempatan untuk mendesain ulang produk mereka yang akan dibantu secara profesional oleh Universitas Pelita Harapan dan Bina Nusantara University.

Andy F Noya, founder BenihBaik.com menyambut baik kesempatan ini. “Mendukung karya anak bangsa dan membuat UMKM semakin berdaya adalah merupakan pekerjaan rumah bagi kita semua. Kita semua wajib membantu para pengusaha skala kecil ini. Di tengah pandemi, kita tentu ingin berperan untuk menjaga ekonomi Indonesia agar tidak terpuruk. Dan apa yang kita lakukan ini adalah salah satu dari sekian banyak upaya,” tutupnya.

Program ini merupakan salah satu bentuk respon Pertamina terhadap kegiatan penanggulangan Covid19. UMKM yang terpilih telah melalui tahap assessment awal untuk melihat kondisi saat pandemi. Program ini diharapkan mampu mendorong bangkitanya UMKM di sekitar wilayah operasi Pertamina menghadapi COVID-19.

Pertamina terus memantau perkembangan situasi penyebaran COVID-19 dan turut berperan aktif dalam menanggulangi wabah Covid19 melalui kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan secara sinergi maupun mandiri berdasarkan edaran dari Pemerintah melalui Kementerian BUMN.