Pemanfaatan Lahan Lampung di Nilai Belum Maksimal

Anggota Komisi IV DPR RI Dwita Ria Gunadi mengatakan Provinsi Lampung merupakan salah satu daerah penyangga pangan di Indonesia yang memiliki berbagai potensi pangan seperti padi, jagung dan singkong. Namun menurutnya masih banyak lahan di Sai Bumi Ruwa Jurai yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Untuk itu, saat mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI ke Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (18/11/2021), Dwita menilai lahan di wilayah tersebut sangat cocok ditanami tanaman pangan seperti jagung, terutama dengan perlakuan khusus dan bantuan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP). Semula hanya menghasilkan 3 ton, sekarang meningkat signifikan menjadi 7 ton per hektar.

“Saat ini sangat baik untuk kita tanam jagung. Kita coba berkolaborasi dengan swasta dan BPTP untuk menanam jagung yang lahannya memang belum potensial, yang kemarin baru (menghasilkan) 3 ton, ternyata dengan perlakuan yang direkomendasikan (BPTP) itu bisa mencapai (hasil) 7 ton,” apresiasi politisi Partai Gerindra itu.

Baca juga  Lion Air Grup Sediakan Layanan Uji Kesehatan RDT-ANTIGEN Rp 35.000 dan RT-PCR Rp 380.000 di Lampung

Dwita berharap perlakuan khusus pada tanaman jagung di Jati Agung ini dapat menjadi percontohan petani dan masyarakat sekitar. “Diharapkan percontohan ini bisa ditiru petani dan masyarakat sekitar. Dan mereka sekarang merasakan dengan harga jagung yang cukup baik, mereka semangat untuk menambah populasi jagung dan menaikkan nilai tambah pendapatan petani ini sendiri,” tutup legislator dapil Lampung II ini. (mri/sf)