Infrastruktur Harus Dibangun secara Sinergi

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Robert Rouw memaparkan agar pembangunan infrastruktur dibangun secara sinergi. Seperti pembangunan pelabuhan maka harus ada akses jalan dan jembatan yang mendukung untuk trasportasi. Tidak bisa hanya satu saja, maka sinergitas pembangunan harus menjadi perhatian pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya.

Hal ini dia sampaikan saat memimpin Tim Kunspek Komisi V DPR RI ke Provinsi Jambi, Jumat (19/11/2021). Robert mengungkapkan pembangunan jembatan dan pelabuhan di kawasan Ujung Jabung medesak untuk diprioritaskan dalam waktu dekat.

“Jangan pelabuhan ada jalan tidak ada. Maka harus dibangun beriringan, sinergi kementerian harus ada dan harusnya kami yang bisa hubungkan itu, makanya kami hadir disini untuk satukan itu. Kami komit perjuangkan ini,” papar politis Fraksi Partai NasDem itu.

Pembangunan infrastruktur menurut Robert merupakan salah satu pilihan strategis dalam rangka mempercepat pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Ia mengatakan, pelabuhan Ujung Jabung nantinya bisa memberikan manfaat seperti tempat ekspor hasil bumi di Jambi. “Kalau lancar pasti angkat pendapatan daerah,” ucapnya.

Robert mengungkapkan, pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung sangat strategis bagi masyarakat di Provinsi Jambi sebagai prasarana yang berperan penting untuk pengangkutan produk hasil pertanian, perkebunan, serta sumber daya mineral sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Untuk itu, ketersediaan infrastruktur yang baik dapat menjadi mesin utama pemacu pertumbuhan ekonomi dan distribusi logistik, pendorong investasi, serta pemerataan hasil pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

Komisi V sangat mendukung pembangunan sarana prasarana infrastruktur dan transportasi terutama konektivitas darat dan laut. Pihaknya menyampaikan hasil tinjauan komisi V yang dihadiri fraksi lengkap ini kepada Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan. Agar program ini kedepan dilakukan sinergi, baik pelabuhan maupun jalan. (eko/es)