Pelatihan Desain Teknis Perkerasan Jalan Untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Banjarmasin (05/08), Untuk mengembangkan dan memelihara infrastruktur jalan agar bisa menjamin tidak adanya hambatan dalam pergerakan barang dan orang yang kemudian mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Unum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) mengadakan Pelatihan Desain Teknis Perkerasan Jalan, sebagai salah satu langkah strategis dalam mengembangkan dan meningkatkan perencanaan serta desain untuk mengakomodasi tantangan-tantangan terkait isu kinerja aset jalan.

 

Sambutan tertulis Kepala Pusdiklat Jalan, Perumahan, Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (PIW) yang dibacakan oleh Kabid Teknik dan Materi Jalan dan PIW, Yuli Kaheriah, pada pembukaan pelatihan di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah VII Banjarmasin, Senin (5/8) menyebutkan, setiap tahun pemerintah mengeluarkan anggaran yang besar untuk pengembangan sarana dan prasarana transportasi, terutama dalam pengembangan transportasi darat dengan melakukan penambahan kapasitas jalan raya. Penambahan kapasitas ini dilakukan dengan melakukan pelebaran jalan, terutama pada jalan-jalan yang tidak dapat lagi menampung volume kendaraan ataupun jalan-jalan yang diprediksi akan dilalui oleh volume kendaraan yang tinggi.

Untuk membangun jalan raya itu Indonesia telah mempunyai peraturan serta pedoman dalam perencanaan struktur tebal perkerasan jalan raya yang merupakan hasil modifikasi dan penyesuaian dari negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Dalam kaitan itu Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR selalu mengeluarkan standar peraturan mengenai desain manual perkerasan jalan yang terus dikembangkan dan disempurnakan, dengan tujuan untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan dalam berlalu lintas.

 

Dengan berhasilnya pengembangan dan pemeliharaan jalan, maka target Indonesia menjadi negara dengan pendapatan per kapita USD14.250-15.500 atau salah satu negara dengan pendapatan tinggi pada 2025 bisa tercapai.

UPH, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, HID Global, UKDW, Nutanix, Vivo, Kementerian PUPR RI, Kominfo RI, Kemenkes RI, Kemendikbud RI, Aston Anyer Beach Hotel, BPSDM PUPR RI, Inspirational Video, Motivational Video