KKN Tematik UKDW Bamboopreneurship #2 Galakkan Potensi Wisata Agrobahari

19

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bamboopreneurship yang kedua (Bamboopreneurship #2) berlokasi di Desa Lasiwa, Wakorut, Buton Utara, Sulawesi Tenggara.

Istilah Bamboopreneurship merupakan akronim dari kata bambu dan entrepreneurship, yang berfokus pada sinergi pemberdayaan dan terlibatnya  masyarakat dalam menopang pengembangan ekonomi kreatif berbasis pada pemberdayaan bambu. Desa Lasiwa sesungguhnya memiliki potensi eco-tourism berbasis agro dan bahari dengan kekayaan alam berupa hasil bumi pertanian, perkebunan termasuk tanaman endemik bambu yang melimpah dan ikan laut. “Namun potensi tersebut sama sekali belum diberdayakan dan diperlakukan sebagai potensi untuk mendongkrak perekonomian desa,” papar Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr.-Ing. Gregorius Sri Wuryanto, S.T., M.Arch.

 

Dalam situasi ini, Program KKN Tematik UKDW Bamboopreneurship #2 2019 menjadi konsep yang mengintegrasikan pengetahuan teknis dan desain tentang konstruksi bambu serta masterplan kawasan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan inkubator bisnis dalam wajah Desa Wisata Agrobahari Desa Lasiwa. “Sebanyak 35 mahasiwa UKDW dengan 3 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan 1 mahasiswa asisten DPL bersama dengan warga terjun langsung bekerja selama satu bulan dimulai dari 29 Juni hingga 29 Juli telah menghasilkan masterplan desa wisata agrobahari, 9 buah modul pelatihan masyarakat, giant bamboo creative shelter 6×10 meter dan mini bamboo shelter bus 3×4 meter,” ungkap Gregorius.

 

Adapun seluruh kegiatan tersebut terangkum pada puncak acara “Festival Bahari” yang digagas oleh mahasiswa KKN Tematik Bamboopreneurship #2 dan didukung oleh masyarakat Desa Lasiwa yang berlangsung pada hari Minggu, 28 Juli 2019. KKN Tematik Bamboopreneurship #2 2019 yang diprakarsai oleh Program Studi Arsitektur UKDW ini merupakan rangkaian rencana besar pengembangan teknologi serta pemberdayaan masyarakat terhadap potensi tanaman endemik bambu se-Nusantara (Indonesia dan Asia Tenggara).

UPH, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, HID Global, UKDW, Nutanix, Vivo, Kementerian PUPR RI, Kominfo RI, Kemenkes RI, Kemendikbud RI, Aston Anyer Beach Hotel, BPSDM PUPR RI, Inspirational Video, Motivational Video