Bela Negara Bangun Kembali Semangat Kebangsaan dan Kecintaan Pada NKRI

40

Bogor (5/8) – Sebanyak 274 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Formasi 2018 mengikuti Pelatihan Bela Negara di Badan Pendidikan dan Latihan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Sambutan Kepala Badan Diklat dan Pelatihan Bela Negara pada pembukaan Pelatihan Bela Negara Batch IV, yang dibacakan oleh Kapusdiklat Bela Negara, Brigjend Kartiko Wardani, di Rumpin, Bogor, Senin (5/8) menyebutkan Pelatihan Bela Negara bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Bela Negara agar setiap warga negara memiliki kesadaran dan mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sesuai dengan peran dan profesi masing-masing demi menjaga kedaulatan negara dari segala bentuk ancaman.

 

Untuk memaknai hakekat perjuangan para pahlawan Indonesia dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka setiap orang harus terus bertekad menjaga nama besar Indonesia di kancah Internasional dengan karya-karya yang membanggakan. Hal ini bisa terwujud apabila dalam dada rakyat Indonesia memiliki sikap Bela Negara, yaitu sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin keberlangsungan hidup bangsa dan negara. Melalui diklat Bela Negara ini diharapkan dapat turut membangun kembali semangat kebangsaan, kecintaan pada ibu pertiwi, rasa nasionalisme, patriotisme, dan jiwa korsa bagi generasi penerus yang selama ini “dirasakan” mengalami penurunan dan menjadi salah satu penyebab tertinggalnya Indonesia dengan negara-negara lainnya.

Bela Negara sendiri merupakan konsep yang didasarkan pada UUD 1945 pasal 27 ayat 3, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Bela negara juga merupakan kewajiban dasar manusia sebagai warga negara yang melakukannya dengan penuh kesadaran serta rela berkorban dalam mengabdi kepada negara dan bangsa. Selain itu mereka juga diharapkan menyerap nilai-nilai luhur budaya bangsa, seperti jujur, pemberani, mandiri, bertanggung jawab, disiplin, dan pekerja keras, serta toleran, peduli sosial, peduli lingkungan, kreatif, inovatif, dan gotong royong, yang merupakan nilai-nilai universal warisan para leluhur yang tidak boleh diabaikan.

 

Setelah pembekalan Bela Negara tersebut CPNS selanjutnya wajib mengikuti rangkaian pelatihan dasar (Latsar) untuk memenuhi kompetensi manajerial dan kompetensi teknis bidang PUPR yang akan dilaksanakan di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah III Jakarta, Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah IV Bandung, Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah V Yogyakarta, dan Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah VI Surabaya.

UPH, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, HID Global, UKDW, Nutanix, Vivo, Kementerian PUPR RI, Kominfo RI, Kemenkes RI, Kemendikbud RI, Aston Anyer Beach Hotel, BPSDM PUPR RI, Inspirational Video, Motivational Video