Pemprov Papua Akan Gelar Pameran Hasil Kerajinan Kaum Perempuan

0 26

Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana dalam waktu dekat, akan menggelar kegiatan pameran kerajinan di Kota Jayapura dan Kabupaten Biak Numfor.

Dalam pameran tersebut akan menampilkan hasil kerajinan kaum perempuan, termasuk yang bertemakan logo Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020.

“Jika tak ada halangan pameran kerajinan perempuan pelintas yang ke-5  akan digelar pada akhir Juli mendatang. Dimana dalam pameran ini akan melibatkan kaum perempuan pengrajin dari empat kabupaten dan kota Taman Imbi, Kota Jayapura,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan dan Keluarga Berencana Papua Anak Anike Rawar di Jayapura, pekan lalu.

Terkait pameran hasil kerajinan kaum perempuan, lanjutnya, bertujuan untuk menjual hasil  karyan tersebut dalam upaya peningkatan ekonomi kreatif.  Sehingga untuk mendukung  kegiatan pameran tersebut, pihaknya  akan  memberikan bantuan alat-alat kerajinan bagi pengrajin perempuan Papua.

“Nanti bantuan yang diberikan diantaranya berupa benang, jarum  dan lain-lain. Yang pasti bantuan lebih kepada peralatan yang akan dirajut,” terang dia.

Kendati mendorong kaum perempuan untuk berkembang di sektor ekonomi kreatif, jelang Pemilu 2019 mendatang, pihakya tetap mengajak kaum hawa (asli Papua) di Bumi Cenderawasih untuk gemar terjun di bidang perpolitikan daerah.

Sebab, dalam program dan kegiatan di instansinya, pihaknya secara intens sudah melakukan pelatihan, sosialisasi hingga advokasi. Berbagai kegiatan itu, memiliki tujuan agar setiap perempuan-perempuan Papua agar bersemangat untuk bersaing, baik di legislatif maupun eksekutif.

Dengan demikian, mereka diharapkan memiliki jiwa petarung untuk mampu bersaing, lebih khusus dengan saudara-saudara dari daerah lain.

“Yang pasti saya mau katakan bahwa dunia politik ini sangat menjanjikan. Sebab perpolitikan juga baik bagi kaum perempuan, karena dapat memberi dampak positif bagi peningkatan kemampuan kaum perempuan.”

“Apalagi, dalam waktu dekat kita akan menghadapi pesta demokrasi. Baik Pilkada serentak 2018 maupun pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang,” imbau dia.

English English Indonesian Indonesian