Presiden Jokowi Resmi Buka Pawai Pesta Kesenian Bali Ke 40

0 28

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi Gubernur Bali Made Mangku Pastika secara resmi membuka Pawai Pesta Kesenian Bali ke 40 yang ditandai dengan pemukulan Gong, dirangkaikan dengan tari pembukaan “Siwa Nataraja diiringi Gambelan Ketug Bumi” persembahan dari Institut Seni Indonesia Denpasar, bertempat di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Renon Denpasar, Sabtu (23/6).

Dalam laporannya Gubernur Pastika menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Presiden RI beserta Ibu Iriana Joko Widodo yang kedua kalinya dalam pembukaan PKB tahun ini. Menurutnya, kehadiran Presiden Jokowi akan mampu memberikan dukungan moral serta spirit positif bagi masyarakat Bali khususnya para seniman Bali untuk dapat terus mengembangkan karya-karya seni yang berlandaskan adat dan budaya Bali.

“Saya yakin kehadiran Bapak Presiden dan Ibu Iriana dalam pembukaan ini akan mampu memberikan dorongan moral dan spirit bagi masyarakat terutama para seniman dalam mengembangkan karya seni untuk itu saya harap Bapak Presiden dapat menyaksinya Pawai sampai selesai, “ujar Pastika.

Disamping itu, dalam laporannya Gubernur Pastika juga menyampaikan bahwa PKB ke 40 tahun ini mengusung tema “Teja Dharmaning Kauripan: Api Spirit Penciptaan”. Tema tersebut memberikan arti, dimana secara makro api yang diindentik dengan panas, serta sering dihubungkan dengan perubahan iklim yang berdampak terhadap pemanasan global. Bertolak dari tema yang diangkat materi PKB tahun ini menekankan vitalnya peranan api dalam kehidupan dan dampak yang ditimbulkannya.

Lebih lanjut Pastika melaporkan bahwa dalam pawai kali ini diikuti oleh 18 kontingen peserta yaitu kontingen dari 9 Kab/Kota di Bali, Marching Band Universitas Udayana dan Warmadewa, Pemerintah Guang Xi China, ISBI Papua, Sanggar Basundari Jepang, Forum Sunda Kecil, Konsulat Jepang serta penampilan dari Pemerintah Provinsi Bali.

Hadir pula dalam pawai tersebut Para Menteri Kabinet Kerja Pemerintah Republik Indonesia, Ny. Ayu Pastika, DPD RI Perwakilan Bali, Forum Kepala Pimpinan Daerah Provinsi Bali, Kepala OPD Provinsi Bali serta masyarakat Bali yang turut menyaksikan Pawai  PKB ke 40.

English English Indonesian Indonesian