Kepemimpinan Harus Miliki Keputusan dan Insting yang Tepat Serta Berinovasi

Bandung, 22 juli 2020 – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, mengungkapkan dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, yang berdampak luas pada perekonomian, diperlukan kepemimpinan yang kuat, sebagaimana dilakukan oleh Presiden Jokowi, yang bisa dibuktikan dengan terjadinya penurunan jumlah korban akibat virus tersebut.

“Kepemimpinan itu harus memiliki keputusan yang tepat, harus mempunyai inovasi-inovasi dalam kepemimpinan, keberanian dalam membuat keputusan, dan memiliki insting yang tepat”, ujar Luhut melalui konferensi video saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XIII yang dilaksanakan secara daring dari Balai Pengembangan Kompetensi Wilayah IV Bandung, Rabu (22/7).

Dalam arahannya, Luhut selanjutnya menguraikan, Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk memiliki sikap kompetensi keilmuan yang profesional dan memiliki sikap kerja yang baik dan berintegritas, terutama integritas dalam kepemimpinan, yakni memiliki kepribadian yang jujur dan bertanggung jawab untuk membangun kepercayaan dalam pengambilan keputusan yang handal.

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Nomor 28 Tahun 2017, standar kompetensi PNS mencakup kompetensi, integritas, konsisten berperilaku yang selaras dengan nilai, norma, dan etika organisasi, serta jujur dalam hubungan dengan manajemen, rekan kerja, bertanggungjawab atas tindakan atau keputusan beserta risiko yang menyertainya. Menurut Luhut, pemimpin harus selalu melakukan check, recheck and check again agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang mungkin akan terjadi. “Pemimpin harus memiliki integritas, harus memiliki tujuan dan melakukan tugasnya dengan baik agar bisa memberikan contoh kepada anggotanya”, imbuhnya.

Sementara itu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto, dalam arahannya mengatakan tugas pokok Kementerian PUPR, adalah membangun infrastruktur. Namun infrastruktur tidak akan terwujud jika SDM di dalamnya tidak unggul.

Lion Air Group, BPSDM PUPR, HP Inc., Vivo, Motivational Video, Inspirational Video