BPSDM Kemendagri Gelar Rakornas Kepala BPSDM se-Indonesia Tahun 2020

25

Jakarta – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSM) Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala BPSDM se-Indonesia Tahun 2020.

Pembukaan Rakornas tersebut sekaligus juga pembukaan Tes Kompetensi Kepegawaian (TKK) Latihan Dasar, dan juga seminar kebangsaan. Pelaksanaan dilakukan di Auditorium Lantai 4 BPSDM Kemendagri, Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (24/02/2020).

 

Dalam laporannya, Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi mengatakan, Rakor dilaksanakan untuk mengharmonisasikan program rencana tahun 2020 dan 2021 serta mengembangkan kompetensi ASN agar lebih profesional.

“Tujuan yang diharapkan adalah bagaimana kita mensinergikan, mensinkronkan terkait dengan pelaksanaan kegiatan tahun 2020 dan juga perencanaan program untuk penyusunan rencana Tahun 2021. Terkait dengan pelaksanaan diklat, dalam rangka pengembangan kompetisi ASN khususnya di tingkat Kemendagri yang kita harapkan profesional, handal dan kompeten,” kata Teguh.

 

Dalam kesempatan tersebut, Teguh juga menyampaikan bahwa dalam era 4.0 atau era digital, pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi merupakan sebuah keniscayaan. Oleh karena itu seiring dengan era dan kebutuhannya, BPSDM Kemendagri juga melaksanakan berbagai pemanfaatan teknologi informasi dalam berbagai program dan kegiatan, termasuk menyiapkan SDM yang handal di bidangnya.

“Bahwasanya dalam era sekarang ini kita tidak akan lepas dari kolaborasi dan kerjasama. BPSDM Kemendagri juga menjalin kerjasama dengan berbagai K/L, perguruan tinggi negeri maupun swasta, juga dengan negara lain seperti Australia, kemudian memfasilitasi dengan berbagai Pemda. Ini juga dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM di bidangnya dengan pemanfaatan teknologi informasi,” jelas Teguh.

 

Rakornas dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni pada 24-25 Februari 2020 dengan 350 orang peserta. Rakornas juga dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D.

Lion Air, BNI Syariah, PUPR RI, Datascrip, Canon, Kemenlu RI, Kemendagri, Inspirational Video, Motivational Video