Bioteknologi UKDW Akan Selenggarakan Expo Dan Seminar Nasional 2018

Yogyakarta, 27 Agustus 2018 – Aplikasi industri bioteknologi di Indonesia terbuka luas pada berbagai bidang seperti pangan, farmasi, bioenergi, restorasi, dan remediasi lingkungan serta konservasi. Untuk dapat memanfaatkan keuntungan alamiah yang tersedia yaitu kekayaan sumber daya alam hayati yang kita miliki, diperlukan sumber daya manusia terdidik, terlatih, dan berpengalaman dalam bioteknologi. Salah satu upaya untuk mengembangkan bioteknologi adalah sosialisasi dan diseminasi perkembangan bioteknologi kepada siswa, mahasiswa, dan masyarakat luas yaitu dengan penyelenggaraan BioTECH EXPO 2018. Program ini secara reguler diselenggarakan oleh Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) sebagai salah satu agenda peringatan Dies Natalis. Tahun ini, BioTECH EXPO 2018 dikelola oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Bioteknologi, mengangkat tema Together We Heal, Together We Inspire dengan harapan menumbuhkan kesadaran dan gerakan penyelamatan lingkungan di kalangan generasi muda yang dapat menginspirasi masyarakat global. Tujuan dari penyelenggaraan BioTECH EXPO 2018 adalah untuk sosialisasi dan diseminasi perkembangan, kontribusi dan nilai penting bioteknologi khususnya di bidang lingkungan, industri, dan kesehatan.

BioTECH EXPO 2018 akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai tanggal 20 – 22 September 2018 di Atrium Gedung Agape UKDW. Terdapat berbagai program acara seperti lomba mading dan workshop bioteknologi untuk siswa SMA DIY-Jateng dan serangkaian penyelenggaraan kuliah umum.  BioTECH EXPO 2018 akan diisi oleh beberapa stand yang memajang karya mahasiswa Fakultas Bioteknologi UKDW, Program Riset dari Balai Besar Pengembangan dan Penelitian Bioteknologi Tanaman Hutan, Kelompok Tani Organik Kota Yogyakarta, Reinspirasi, dan PT. Multi Bintang. Adapan puncak acara rangkaian penyelenggaraan BioTECH EXPO 2018 adalah Seminar Nasional dengan tema Climate Change: Fantastic Threat and How to Solve Them” dengan menghadirkan narasumber Wahjudi Wardojo selaku Senior Advisor The Nature Conservancy Indonesia, Prof. Dr. Ir. Budi Widianarko, M.Sc. dari Fakultas Teknologi Pangan UNIKA Soegijapranata, Prof. Dr. Drh. Wayan T. Artama dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada, dan perwakilan dari PT. Multi Bintang Mojokerto.

Melalui penyelenggaraan BioTECH EXPO dan Seminar Nasional 2018 ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan minat generasi muda untuk menekuni bidang bioteknologi serta meningkatnya peluang kerja sama antar perguruan tinggi, pemerintah, dan sektor swasta (industri) untuk bersama-sama mengembangkan bioteknologi dalam upaya pemanfaatan sumber daya hayati secara optimal dan berkelanjutan menuju industri bioteknologi yang tangguh.