Alibaba Grup Luncurkan Festival Belanja Global 11.11 2021

Shanghai, 20 Oktober 2021 – Alibaba Group Holding Limited (NYSE: BABA; HKEX: 9988) hari ini secara resmi memulai Festival Belanja Global 11.11 (“11.11” atau “Festival”) yang ke-13, dengan mengusung tema keberlanjutan dan inklusivitas.

“Selama 12 tahun terakhir, 11.11 telah menyajikan kekuatan konsumsi konsumen Tiongkok yang sungguh besar dan telah mendorong sektor ritel global,” jelas Chris Tung, Chief Marketing Officer of Alibaba Group. “Festival tahun ini menandai halaman baru bagi 11.11. Kami percaya bahwa kami harus memanfaatkan kekuatan 11.11 untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan menggaungkan inklusivitas bagi konsumen, merchant, dan mitra dari seluruh ekosistem.

Perhelatan tahun ini akan menjadi festival terbesar, dengan rekor 290 ribu brand yang berpartisipasi. Tmall menawarkan lebih dari 14 juta promosi bagi 900 juta konsumen di Tiongkok. Festival tahun ini akan kembali diselenggarakan dalam dua periode penjualan, dengan periode pertama pada 1-3 November, dan periode kedua sekaligus acara puncak pada 11 November.

Livestreaming juga akan berperan besar mekanisme interaksi utama antara konsumen, brand, dan merchant, untuk memperluas jangkauan dan mendorong penjualan. Mulai 20 Oktober selama Festival, Taobao Live akan menampilkan 700 Key Opinion Leader, artis, dan perwakilan brand pada sesi livestreaming.

Selain itu, Taobao juga akan meluncurkan fitur baru bagi para pengguna dimana mereka bisa berbagi “keranjang belanja” dengan teman dan keluarga, guna menciptakan pengalaman belanja yang lebih interaktif.

Gaya Hidup “Hijau” dan Konsumsi Ramah Lingkungan sebagai Prioritas Utama Tahun Ini

Pada perhelatan 11.11 tahun ini, Tmall akan menghadirkan berbagai produk dengan efisiensi energi tinggi dan minim dampak lingkungan dengan efisiensi energi dan berdampak rendah, serta membagikan voucher “hijau” senilai total RMB 100 juta untuk mendorong keputusan belanja yang berkontribusi terhadap gaya hidup ramah lingkungan.

Unit logistik Alibaba, Cainiao Network akan memperkenalkan pusat daur ulang paket di lebih dari 10 ribu Cainiao Post Station di 20 kota, untuk mengurangi jejak karbon festival mulai 1 November, yakni hari pertama dari periode penjualan 11.11.

Melalui ragam inisiatif dan teknologi ramah lingkungan ini, Alibaba berharap dapat lebih jauh mengurangi emisi karbon dari setiap transaksi pembelian, selama 11.11 tahun ini.

Berbagi Kebaikan Saat Berbelanja

Mendukung masyarakat yang membutuhkan akses lebih juga menjadi salah satu tema utama festival tahun ini. Sebelumnya, aplikasi Taobao telah meluncurkan fitur “Mode Senior” yang dirancang untuk membuat aplikasi lebih mudah digunakan bagi pengguna lansia. Fitur ini menawarkan teknologi bantuan suara, navigasi yang lebih mudah, serta tulisan dan gambar yang lebih besar. Pada laman beranda aplikasi juga menawarkan berbagai permainan yang dapat dimainkan oleh para pengguna lansia dan berkesempatan mendapatkan diskon spesial berbelanja, sehingga meningkatkan pengalaman berbelanja yang lebih menarik bagi para lansia.

Para konsumen didorong untuk membagikan pembelian “Goods for Good” mereka dengan teman dan keluarga. Nantinya, Alibaba akan mendonasikan sebesar RMB 1 untuk setiap unggahan di media sosial.

Diluncurkan pada tahun 2006, program “Goods for Good” Alibaba memberikan kemudahan bagi para merchant untuk menyumbangkan sebagian dari penjualan mereka ke organisasi yang telah dipilih. Sementara, para konsumen juga dapat mendukung kegiatan amal favorit mereka melalui pembelian.

Sumbagan dari festival tahun ini akan disalurkan untuk mendukung tiga kelompok masyarakat, yakni penduduk lansia yang tinggal sendiri, “anak terlantar” di area terpencil, serta para pekerja berpendapatan rendah.