Kuis ala SYL di Festival Pelajar Sulsel 2017

33

Makasar – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menggelar kuis dadakan usai memberikan sambutan pada acara Festival Pelajar Sulsel 2017 di pelataran Mall Phinisi Point Jalan Metro Tanjung Bunga, Makasssar, Selasa siang (14/11).

Kuis ini menyediakan 20 tabungan masing-masing senilai Rp500 ribu dari sponsor acara bagi mereka yang bisa menjawab pertanyaan dari Gubernur atau memberikan tanggapan.

Mereka yang ikut dari kalangan pelajar SD hingga SMA, guru, serta jurnalis.

Sesi pertama, sebanyak enam siswa SMA dimintai tanggapannya oleh SYL.

“Sebutkan prestasi Sulsel? Apa saja di semua bidang. Objektif ya, hadirin yang tentukan,” kata Syahrul YL.

Riswandi misalnya dari SMK 1 Sinjai mengatakan E-Panrita salah satu prestasi Sulsel di bidang pendidikan. Dengan aplikasi ini guru lebih terpacu untuk datang mengajar tepat waktu.

“Dulu kita siswa datang jam tujuh gurunya datang jam sembilan, sekarang tidak lagi, ini yang luar biasa” sebutnya.

Muhammad Fadli dari SMAN 16 Makassar menyebutkan Center Point of Indonesia sebagai keberhasilan Sulsel.

Yang menarik dan seru, ketika SYL memanggil tiga anak SD untuk menjawab pertanyaan. Dari ketiganya tidak ada yang menjawab dengan tepat, namun diluruskan oleh SYL langsung dan diberikan hadiah.

Pertama salah seorang siswa Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar. SYL meminta untuk disebutkan secara lengkap lima sila Pancasila. Pada sila kedua langsung menyebutkan kalimat keadilan namun diluruskan oleh olehnya.

“Dua nak, kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab,” tuntun Syahrul YL.

Selanjutnya salah satu siswa ketika ditanya apa kepanjangan PSM, dijawab Pemain Sepakbola Makassar.

“Kasi mi, biar mi, satu kali lagi coba,” pinta Syahrul YL.

Setelah mendapat bisikan dari SYL, jawaban anak tersebut bahwa kepanjangan PSM adalah Persatuan Sepakbola Makassar dibenarkan.

Pertanyaan selanjutnya terkait nama lengkap SYL sendiri, dengan berusaha menghimpun ingatan untuk mengingat kata kedua dari nama gubernur dua periode ini.

“Pak Gubernur, Syahrul Hasin Limpo, Pak Syahrul Yasin Limpo,” jawab salah satu siswa SD yang mengundang gelak tawa hadirin.