Pameran Hakordia 2017, Stan Kemenag Diserbu Pengunjung

47

Jakarta (Kemenag) – Kementerian Agama kembali turut serta dalam pameran yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka Hari Antikorupsi se- Dunia yang jatuh pada 9 November lalu. Sampai hari kedua, Selasa (12/12), stan pameran Kemenag tidak pernah sepi pengunjung.

Pada pameran kali ini, Kemenag mengusung tema Dari Sabang Sampai Merauke Kemententerian Agama Menolak Pungutan Liar. Dengan tagar Bersama Memberantas Korupsi.

Sejak berlangsungnya pameran dan pembukaan kegiatan Hakordia oleh Presiden, Senin (11/12) kemarin, stan Kemenag menarik pengunjung. Pengunjung harus menjawab sejumlah pertanyaan dari host stan seputar informasi Kemenag lalu diberikan souvenir menarik berupa mushaf Alquran, kaos, payung dan lainnya.

Salah seorang pengunjung mengaku senang berkunjung ke stan Kemenag, Afni, pegawai perusahaan swasta akhirnya bisa memperoleh mushaf Alquran setelah berhasil menjawab siapa nama Menteri Agama sekarang.

“Alhamdulillah, dapat Alquran, dan jadi tahu apa itu Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang dijelaskan host stan,” ujarnya berseri-seri.

Asnawi dari tim Inspektorat Jenderal Kemenag  mengatakan, momentum pameran Hakordia menjadi kesempatan menyampaikan sejumlah program pencegahan korupsi di Kemenag kepada publik.

“Kesempatan pameran ini kita sampaikan apa yang menjadi program pencegahan korupsi, Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Kemenag dengan cara menarik, kuis, dan lainnya,” ujar Asnawi.

Selain pameran, di tempat yang sama, dalam acara Konferensi Nasional Pemberantasan korupsi (KNPK), Senin (11/12), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dinobatkan sebagai pejabat negara paling patuh menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), setelah Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sejumlah penghargaan lain diraih Kementerian Agama. Di antaranya penghargaan Terbaik dalam Sistem Pengendalian Gratifikasi

Selain itu, penghargaan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani diraih oleh UIN Antasari Banjarmasin dan Kantor Kemenag Musi Banyuasin Sumatera Selatan.

Selain Kemenag, pameran juga diikuti kementerian/lembaga, lembaga pendidikan, LSM, pemerintah daerah sejumlah 26, serta BUMN lainnya.

Pameran Hari Antikorupsi se-Dunia (Hakordia)2017 diselenggarakan pada Senin-Selasa, 11-12 Desember 2017, dengan Tema Bergerak Bersama Memberantas Korupsi untuk Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera akan ditutup oleh Wapres Jusuf Kalla sore ini.