Kemensetneg Menghadirkan Inovasi dan Istana Kepresidenan di Pameran SAIK 2017

86

Kementerian Sekretariat Negara bersama Kementerian/Lembaga, Pemprov, Pemkot/Pemkab, Perguruan Tinggi Negeri, dan BUMN/BUMN, ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pameran SAIK tahun 2017 yang dilaksanakan di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Palembang, Sumatera Selatan.

Dalam pameran yang diikuti oleh berbagai institusi tersebut, Kemensetneg memberikan tampilan berbeda yang menarik perhatian banyak pengunjung. Dengan mengusung tema “Inovasi Pelayanan Publik di Kemensetneg”, Kemensetneg membawa suasana Veranda Talk Istana Kepresidenan ke dalam booth Pameran. Veranda Talk tersebut sebagai salah satu bentuk inovasi yang telah dilakukan di Istana Kepresidenan. Suasana Veranda Istana Kepresidenan semakin diperkuat dengan adanya Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) yang berdiri gagah dan tegap di sisi kiri kanan miniature Veranda Istana Merdeka. Paspampres tersebut menjadi tujuan favorit pengunjung untuk berfoto.

Para Paspamres bahkan sempat diwawancarai penyelenggara secara khusus. Ketika ditanya apa tugas terberat sebagai Paspampres, Sertu Ahmat Syamsul Bahri, Praka Catur Bayu Widianto, dan Serda Ryan Irvin Reiano menjawab dengan tegas yaitu siap mengorbankan nyawa untuk menjaga keselamatan Presiden dan Wakil Presiden.

Selain Veranda Talk, Kemensetneg juga menampilkan berbagai macam inovasi yang selama ini telah dibangun dan dilakukan, diantaranya One Stop Service permohonan gelar, tanda jasa, dan kehormatan; Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri (Simpel); Sistem Informasi Administrasi Pejabat Pemerintahan; majalah Inovasi Setneg; inovasi penanganan pengaduan masyarakat; inovasi pengelolaan arsip, dsb.

One Stop Service permohonan gelar, tanda jasa, dan kehormatan merupakan inovasi pelayanan publik dalam menangani permohonan gelar, tanda jasa, dan kehormatan.  Sebagai tugas dan fungsi spesifik yang hanya ada di Sekretariat Militer, dengan ditampilkannya medali-medali gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan membuat  para pengunjung sangat antusias untuk bertanya dan mengetahui lebih lanjut.

Sedangkan Simpel merupakan penanganan permohonan perjalanan dinas luar negeri secara online, sehingga mempersingkat waktu dan biaya pengurusan permohonan perjalanan luar negeri dari seluruh Indonesia.

Sistem Informasi Administrasi Pejabat Pemerintahan (SIAPP) merupakan sistem informasi yang komprehensif dan terpadu yang mendukung proses pekerjaan di Biro Administrasi Pejabat Pemerintahan (Biro APP) dan juga berfungsi sebagai media informasi bagi para Pegawai Negeri Sipil di seluruh Indonesia yang sedang diproses kenaikan pangkat, jabatan fungsional utama maupun pemberhentiannya di Biro APP Kementerian Sekretarian Negara.

Tidak ketinggalan pula, dalam rangka melakukan sosialisasi kesiapan venue Asian Games 2018, Kemensetneg didukung oleh Badan Layanan Umum di bawah koordinasi Kemensetneg yaitu Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) dan Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK) yang menampilkan progress persiapan venue Asian Games di Komplek Gelora Bung Karno dan Pembangunan Wisma Atlit di Komplek Kemayoran.

Sebagai informasi, Kemensetneg dalam kegiatan SAIK tahun 2017 tidak hanya berpartisipasi dalam kegiatan pameran saja, tetapi juga mengikuti kegiatan Anugerah Media Humas, yang terdiri atas pelayanan publik melalui website, siaran pers, inhouse magazine, dan media sosial. Kegiatan yang dimulai tanggal 21 November ini akan dibuka besok, tanggal 22 November oleh Menkominfo dan ditutup tanggal 23 November dalam acara puncak Anugerah Media Humas.