Event  

Genap Dua Tahun Hadir di Indonesia, Inilah Fakta Menarik dari Pengguna Helo

Helo Anniversary ke-2
Helo Anniversary ke-2

Seremonia.id – Momen bertambah usia tentu menjadi hal yang paling dinanti-nantikan. Hal ini turut dirasakan oleh Helo, aplikasi media sosial terintegrasi untuk menemukan hiburan, berbagi informasi, dan terhubung dengan komunitas, yang usianya baru saja genap dua tahun pada 15 Oktober lalu. Siapa sangka, aplikasi yang mulanya hanya hadir untuk pasar India, kini mampu memenuhi kebutuhan informasi masyarakat Indonesia lewat berbagai konten yang diunggah pada platform.

“Banyak fakta menarik yang didapat setelah melihat perilaku masyarakat Indonesia dalam membagikan dan menyerap informasi. Berbagai cara dan upaya juga terus kami tingkatkan agar Helo menjadi media sosial yang mampu memenuhi segala kebutuhan informasi bagi masyarakat Indonesia. Di sisi lain, kami juga terus mendorong para pengguna dan kreator untuk terus berkarya lewat konten secara bijak demi terciptanya lingkungan media sosial yang aman dan sehat bagi para pengguna Helo,” tutur narasumber dari Helo Indonesia.

Lantas, apa saja fakta menarik temuan Helo setelah hadir di Indonesia sejak dua tahun terakhir? Yuk, kita simak!

  1. Tiga topik teratas yang paling sering dibahas oleh pengguna di Indonesia 

Topik mengenai berita sosial menjadi yang paling dominan dalam perbincangan di antara pengguna Helo. Diskusi seputar berita sosial yang terjadi di Indonesia mencapai lebih dari 40% dari total seluruh diskusi pada platform. Angka ini diperoleh dari jumlah postingan serta jumlah komentar dari tiap konten yang dinaikkan oleh para pengguna.

Baca juga  Lestarikan Kekayaan Indonesia Lewat Karya, Film Festival 2021 “Heritage”

Selain itu, masyarakat Indonesia juga gemar mengunggah cerita tentang kehidupan, asmara, serta perasaannya di media sosial. Kategori seputar emosional atau perasaan ini menjadi topik kedua yang paling dominan. Sedangkan konten hiburan berada di urutan ketiga yang paling sering dibahas oleh pengguna Helo.

  1. Isu terkini menjadi bahan diskusi di #AdaApaHariIni 

Banyak cara yang dapat digunakan oleh pengguna Helo untuk mengakses informasi di platform, salah satunya lewat #AdaApaHariIni. Informasi seputar apapun dapat diperoleh lewat tagar ini. Mulai dari sosial, hiburan, olahraga, dan juga gaya hidup. Pemberitaan seputar kasus Ferdy Sambo menjadi isu yang paling lama diperbincangkan hingga mencapai 46 ribu postingan dengan jumlah diskusi hingga 620 ribu. Selanjutnya berasal dari topik olahraga, yaitu tragedi Stadion Kanjuruhan, yang hingga saat ini masih aktif diperbincangkan dan sudah mencapai hingga 232 ribu diskusi. Terakhir ialah pemberitaan Eril, putra Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Swiss, yang mencapai hingga 201 ribu diskusi.

  1.  Lebih dari 600 media turut membagikan informasi terkini 

Di tahun pertamanya, Helo sebagai one-stop platform yang menyediakan semua kebutuhan aktivitas sosial dalam satu aplikasi berhasil mengumpulkan sekitar 400 media untuk bergabung di Helo. Di tahun kedua ini, terdapat penambahan lebih dari 200 media sehingga sampai saat ini terdapat 691 media yang berkontribusi dalam menyediakan informasi serta hiburan kepada para pengguna Helo.

Baca juga  Swiss Bangun Pabrik Kereta Senilai US$ 210 Juta di Banyuwangi

Sejak awal tahun 2022, Helo lebih fokus untuk mendorong para penyedia informasi, kreator, dan komunitas agar lebih aktif berkontribusi dalam membagikan konten yang berkualitas pada platform. Hal ini terbukti dari adanya pertumbuhan yang signifikan pada jumlah rata-rata postingan konten lewat Helo yang mengalami kenaikan sekitar 153% dari bulan Desember 2021 hingga bulan September 2022.

  1. Ramadan menjadi momen dengan interaksi tertinggi 

Selain menyediakan platform untuk menampilkan konten multimedia yang diunggah pengguna, sumber berita terkini, dan jejaring sosial, Helo juga sering berkolaborasi dengan berbagai pihak melalui kegiatan menarik lewat platform. Pada Maret lalu, Helo sukses menggelar kampanye Ramadan 2022 Berbagi Kebaikan bersama AIM Biskuit dan TECNO Mobile Indonesia. Terdapat empat tagar yang digunakan pada program ini, antara lain #JagaHatiJagaDiri, #DariKebaikanKecil, #SepatahKataMaaf, dan #LebaranIdaman yang mampu mencapai hingga 1,7 juta diskusi dan 562 ribu jumlah postingan. Selain itu, Helo juga bekerja sama dengan salah satu program TV yang berhasil mengajak para pengguna untuk aktif membuat konten kreatif hingga mencapai 88 ribu diskusi.

  1. Kutipan dan stiker jadi incaran pengguna untuk hasilkan konten menarik 
Baca juga  Industri Logistik Perkuat Bisnis e-Commerce di Pasar idEA

Status template menjadi incaran para pengguna untuk berkreativitas lewat konten. Mulai dari template kutipan, bingkai foto, berita, meme, dan olahraga dapat digunakan oleh pengguna. Ternyata, template kutipan dan stiker menjadi yang paling digemari para kreator dalam dua tahun terakhir. Melihat hal ini, Helo terus tingkatkan kecanggihan teknologi pada penggunaan template sebagai dorongan yang bisa diberikan supaya pengguna Helo semakin semangat berkarya pada platform.

“Kami sangat bangga melihat perkembangan yang pesat pada kuantitas serta kualitas konten yang dibagikan pada platform Helo. Terima kasih kepada para kreator dan pengguna Helo yang senantiasa membagikan informasi terkini serta ide dan gagasan lewat akunnya. Tentu hal ini mendorong kami, Helo, untuk terus dapat memberdayakan komunitas ke depannya. Saat ini pun, kami juga ingin memenuhi kebutuhan para pengguna dari Generasi Z lewat berbagai konten menarik yang lebih sesuai dan diincar oleh kalangan mereka,” pungkas narasumber dari Helo Indonesia.