Thuraya Luncurkan Solusi Komunikasi Push-to-Talk Inovatif bersama Cobham SATCOM

Perusahaan Telekomunikasi Thuraya, anak perusahaan layanan satelit seluler dari penyedia solusi satelit unggulan UEA, Al Yah Satellite Communications Company PJSC (“Yahsat” atau, bersama-sama dengan anak perusahaannya, “Grup”) yang terdaftar di Bursa Efek Abu Dhabi (“ADX”) di bawah (SIMBOL: YAHSAT) (ISIN: AEA007501017) hari ini mengumumkan peluncuran solusi komunikasi radio berbasis IP baru, Push-to-Talk (PTT) Thuraya.

PTT Thuraya telah dikembangkan bersama Cobham SATCOM, penyedia terdepan di pasar solusi komunikasi satelit untuk pasar maritim dan darat. Di seluruh luasnya spektrum industri, solusinya akan memungkinkan para pengguna memperluas jangkauan komunikasi suara mereka di luar garis pandang (Beyond Line of Sight/BLOS) di mana pun aset dan tim mereka berada.

PTT Thuraya adalah solusi komunikasi radio berbasis IP yang berfungsi bersama dengan setiap terminal Broadband Thuraya untuk membangun jaringan pribadi. Hal ini memberi para pengguna kemampuan untuk menggabungkan dan mengintegrasikan teknologi yang berbeda-beda seperti 3G/LTE/LMR (Land Mobile Radio/Radio Seluler Darat) melalui sistem lanjutan satelit Thuraya untuk komunikasi data dan suara yang mulus.

Baca juga  UKDW Dukung Workshop Guna Pengembangan Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta

Solusi baru tersebut telah dirancang sehingga mudah digunakan dan menjamin interoperabilitas di antara beberapa pengguna dengan sistem komunikasi yang berbeda-beda, di darat maupun di laut. Solusi ini mengelola komunikasi dari beberapa perangkat dan lokasi serta menyediakan peralihan tanpa gangguan secara aktual antara satelit, seluler, dan LAN, yang memastikan konektivitas hemat biaya serta dapat diandalkan.

PTT Thuraya dirancang untuk operasi misi yang sangat penting guna mendukung organisasi-organisasi di daerah terpencil yang sering berjuang dengan kurangnya konektivitas yang dapat diandalkan – terutama bila ada kebutuhan mendesak untuk berkomunikasi di berbagai daerah, negara, atau benua. Layanan PTT Thuraya memungkinkan organisasi-organisasi mengatasi tantangan ini, yang meningkatkan produktivitas dan keselamatan tenaga kerja secara keseluruhan.

Sulaiman Al Ali, Chief Executive Officer di Thuraya, mengatakan: “Kami dengan bangga mengumumkan peluncuran solusi Push-to-Talk Thuraya hari ini. Konektivitas satelit dan teknologi push-to-talk akan memberikan dukungan tak tertandingi bagi berbagai sektor—yang sebagian besar saat ini sedang dilayani dan didukung oleh Thuraya—dengan meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan keamanan bagi pasukan dan staf yang beroperasi di lapangan. Pasar ini telah jelas menunjukkan permintaan akan layanan PTT yang memungkinkan para pengguna berkomunikasi melalui solusi tunggal. Kami mengantisipasi bahwa potensi pasar untuk layanan tersebut akan terus bertumbuh.”

Baca juga  Mahasiswa Indonesia Buat Kagum Pengunjung Global Female Folkdance Competition

“Kemitraan kami dengan Cobham SATCOM telah menjadi komponen utama dari peluncuran yang berhasil ini. Hal ini telah memungkinkan kami memperluas dan meningkatkan penawaran portofolio dengan menciptakan platform untuk inovasi dan pengembangan fitur serta aplikasi lebih lanjut guna meningkatkan pangsa pasar global kami. Kami menantikan lebih banyak kolaborasi bersama Cobham SATCOM dan mencapai tonggak-tonggak yang lebih penting dalam waktu dekat,” tambahnya.

Ukuran pasar PTT global (termasuk perangkat keras, solusi, dan layanan untuk semua tipe jaringan) ditetapkan untuk tumbuh dari USD 29,2 miliar pada tahun 2021 menjadi USD 45,2 miliar pada tahun 2026, di CAGR sebesar 9,1 % selama jangka waktu ini, dengan sektor Keselamatan Publik, Pemerintah, Energi, dan Utilitas yang menempati proporsi pertumbuhan signifikan. Selain itu, pasar terminal seluler global hibrida-satelit global diperkirakan akan mencapai sekitar USD 700 juta pada tahun 2031, dengan CAGR sebesar 22,81% selama jangka waktu perkiraan 2021–2031.

Baca juga  Blibli Gandeng Pembicara Kelas Dunia di BlibliOneers' Learning Day (BOLD)

PTT Thuraya memperluas kemampuan push-to-talk terdahulu ke jaringan data hibrida seperti jaringan seluler terestrial bila tersedia, yang dilengkapi dengan jaringan satelit Thuraya di mana tidak ada ketercakupan jaringan terestrial. Dengan tidak diperlukannya intervensi pengguna, sistem secara otomatis merutekan lalu lintas data dan suara melalui jaringan yang paling terjangkau dan paling dapat diandalkan.