Publikasi Berita Perlu Ditunjang Foto Menarik

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti mendukung workshop fotografi bagi pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI. Menurutnya, DPR RI yang memiliki banyak kegiatan ini dalam mempublikasikan beritanya perlu ditunjang foto-foto yang menarik. Namun terkadang gambar yang disajikan kurang memadai. Terlebih, kegiatan fotografi itu dilakukan oleh pegawai bukan dari Biro Pemberitaan Parlemen.

“Ada cerita, ada berita,” ungkap Maya, sapaan akrab Damayanti usai membuka workshop fotografi yang digelar Bagian Media Cetak dan Media Sosial, Biro Pemberitaan Parlemen, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (10/6/2021). Maya menilai, workshop ini merupakan langkah yang bagus, karena tidak hanya pembekalan teknik fotografi secara materi, peserta juga akan melakukan praktek dalam pengambilan gambar.

Sedangkan untuk Biro Pemberitaan Parlemen, ia berharap kegiatan ini mampu me-refresh kembali wawasan pegawai akan pengetahuan dasar fotografi. “Dengan pelatihan teknik-teknik fotografi ini, saya mengharapkan bahwa berita-berita itu dilengkapi atau diperjelas atau bahkan sepotong gambar itu bisa bercerita, supaya tidak sekadar foto biasa, tetapi juga bisa bercerita dan bisa memberitakan sesuatu,” imbuh Maya.

Rencananya, pelatihan forografi ini akan dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga mendatang, peningkatan dari hasil pelatihan ini dapat terpantau dan tidak menjadi kegiatan yang hanya dilakukan sehari yang kemudian terlupakan. “Jadi nggak sekedar ‘ah besok sudah lupa’. Tapi, saya mengharapkan ini empat bulan atau enam bulan sekali, paling tidak,” pungkas Maya menutup pernyataannya. (hal/sf)