Umum  

Pemerintah Bertujuan Untuk Mengendalikan PMK Pada Akhir Tahun

Pemerintah Bertujuan Untuk Mengendalikan PMK Pada Akhir Tahun
sumber: Reuters

Seremonia.id – Pemerintah bertujuan untuk mengendalikan wabah penyakit kaki dan mulut (PMK) pada akhir tahun ini, seorang pejabat pemerintah mengatakan pada hari Selasa, saat melanjutkan program untuk memvaksinasi jutaan ternak.

Lebih dari 455.000 ternak di 23 dari 37 provinsi di kepulauan itu telah terinfeksi penyakit itu pada hari Selasa, menurut data pemerintah, dengan 4.720 hewan terbunuh oleh penyakit itu dan 7.561 lainnya dibantai.

Negara-negara penghasil sapi termasuk Australia dan Selandia Baru telah meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap PMK setelah infeksi ditemukan di pulau Bali.

“Kami berharap pada akhir tahun ini, kami dapat mengendalikan situasi dengan mengurangi jumlah kasus yang dilaporkan dari waktu ke waktu,” kata Wiku Adisasmito, juru bicara satuan tugas pemerintah yang menangani wabah, dalam pengarahan.

Baca juga  Pemerintah Indonesia Masukkan Bali Sebagai Zona Prioritas Untuk Vaksinasi PMK

“Kami juga akan meyakinkan masyarakat internasional bahwa Indonesia mampu mengendalikan wabah ini.”

PMK sangat menular dan menyebabkan lesi dan kepincangan pada sapi, domba, kambing dan hewan berkuku belah lainnya, tetapi tidak mempengaruhi manusia.

Dilansir dari Reuters, pemerintah telah memvaksinasi hampir 900.000 ternak sejak meluncurkan program inokulasi pada bulan Juni dan sejauh ini telah mendapatkan 3 juta dosis. Pihak berwenang telah mengumumkan rencana untuk membeli jutaan dosis lagi pada akhir tahun.

Pemerintah juga telah meningkatkan langkah-langkah biosekuriti seperti alas kaki sanitasi dan penyemprot desinfektan di beberapa bandara, untuk memastikan pelancong internasional dan domestik dapat mencegah penyebaran virus, kata Wiku.