Pelatihan Kepemimpinan Administrator Untuk Mencetak Pemimpin Yang Berkompetensi

Bandung, 11 Juni 2020 – Pelatihan Kepemimpinan Administrator bertujuan untuk mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial administrator.

Demikian pernyataan Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herman Suroyo, melalui konferensi video dari Jakarta, Kamis (11/6) pada penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual oleh Balai Diklat PUPR Wilayah IV Bandung.

Herman berpendapat, seorang pemimpin harus memiliki kompetensi kepemimpinan kinerja sebagai kompetensi manajerial untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrator yang memiliki kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pengawas dan elaksana dalam memberikan pelayanan publik sesuai SOP dan terselenggaranya peningkatan kinerja secara berkesinambungan.

Seorang Pejabat Administrator juga harus memiliki kemampuan dan kesadaran kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme, karena tanpa adanya kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme, maka mustahil pemimpin tersebut akan memiliki akuntablitas jabatan administrator.

Karena itu dengan mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator diharapkan para peserta pelatihan dapat mengadaptasi semua pembelajaran yang didapatkan dan diimplementasikan dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari, sehingga tercapai birokrasi yang mampu melahirkan daya saing dan menggerakkan sebuah organisasi demi tercapainya kinerja yang maksimal.

Pelatihan yang berlangsung selama 91 hari tersebut meluluskan 17 orang peserta. Kepala Balai Diklat PUPR Wilayah IV Bandung, Hasto Agoeng Sapoetro, dalam laporannya menyampaikan peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I  tahun 2020 telah menghasilkan laporan Implementasi Aksi Perubahan Kinerja Organisasi dan telah dipresentasikan pada Seminar II, Selasa (9/6). Implementasi Aksi Perubahan Kinerja Organisasi tersebut merupakan aktualisasi kompetensi peserta dalam kepemimpinan kinerja dan manajemen kinerja sesuai dengan bidang tugasnya.

Pada penutupan pelatihan diumumkan tujuh peserta terbaik yakni, Alfet Bahari, Bambang Adhityo, Dewa Aji Ariwanto, Essy Asiah, Ferri Eka Putra, Niken Puspitasari, dan Yuri Hermawan Prasetyo.

Lion Air Group, Vivo, Malindo Air, BPSDM PUPR, Inspirational Video, Motivational Video