Lion Air Group Perluas Layanan RT-PCR Rp 285.000 dan RDT-ANTGEN Rp 35.000 di PULAU DEWATA, Kemitraan Bersama Unicare Clinic Medical

B A L I – 20 Agustus 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air  (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi bersama mitra fasilitas  kesehatan Unicare Clinic Medical menyediakan uji kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Reverse  Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).  

Penawaran fantastis untuk satu kali uji kesehatan RT-PCR Rp 285.000 yang dijadwalkan mulai Senin (23/  08). Tahap perdana ini, Lion Air Group dan Unicare Clinic Medical menawarkan 6 (enam) lokasi strategis di  Pulau Dewata, dengan waktu pelayanan di setiap fasilitas kesehatan (faskes) 

Waktu pelayanan: setiap hari dan libur nasional – (tetap melayani) 24 jam 

  1. Unicare Uluwatu Medical Clinic

Uluwatu St No.88, Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361 

  1. Hydro Medical I

Jalan Batu Belig, No. 88 A Kerobokan, Kuta Utara, Badung, Bali 80361 

  1. Hydro Medical II

Jalan Subaksari No 20, Banjar Tegal Gundul, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali  80361 

  1. Hydro Medical III

Jalan Batu Belig, No. 88 B Kerobokan, Kuta Utara, Badung, Bali 80361 

  1. Drive Thru Central Parkir Kuta

Jalan Raya Kuta No.58e, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 

  1. Unicare Ubud Medical Clinic

Jalan Raya Pengosekan No.88, Banjar Tegal Kelod, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571 

Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-ANTIGEN) efektif Jumat (20/ 08) tersedia tarif terjangkau Rp 35.000,  di 3 (tiga lokasi), mencakup area: 

  1. Unicare Clinic – Kantor Cabang Lion Air Group

(Hotel Mercure Bali Harvestland Kuta) 

Jalan By Pass Ngurah Rai No.8, Simpang Siur, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 2. Unicare Clinic

Area Drop Zone Terminal Keberangkatan Internasional I Gusti Ngurah Rai 

Jalan Raya Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80362 

  1. Unicare Clinic – di Hotel Urban Styles Hitz Kuta

Jalan Dewi Sri No.1a, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 

(Jadwal pelayanan dapat dilihat pada lampiran terpisah dari siaran berita ini)

Kini, mengakomodir calon penumpang Lion Air Group di wilayah Bali dari Kota Denpasar, Badung,  Abiansemal, Kuta, Kuta Selatan, Kuta Utara, Mengwi, Petang, Kabupaten Bangli, Kabupaten Buleleng,  Kabupaten Gianyar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, Kabupaten  Tabanan dan wilayah lainnya. 

Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan Unicare Clinic Medical bertujuan untuk mempermudah bagi calon  penumpang yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui keberangkatan dari Bandar Udara  Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS) dan bandar udara sekitar. 

Tersedianya jadwal penerbangan yang tepat dari Lion Air Group akan memberikan kesempatan bagi  penumpang untuk melanjutkan perjalanan udara secara langsung dan terkoneksi ke Jakarta – Bandar Udara  Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Tambolaka,  Ende, Kupang, Labuan Bajo, Bajawa, Waingapu, Maumere, Rote, Bima, Sumbawa, Lombok, Malang,  Surabaya, Semarang, Bandung, Yogyakarta Kulonprogo, Yogyakarta Adisutjipto, Palangkaraya, Balikpapan,  Berau, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Makassar, Manado, Ternate, Ambon, Jayapura, Sorong,  Manokwari, Timika, Merauke, Banda Aceh, Meulaboh, Medan-Kualanamu, Silangit, Gunung Sitoli, Padang,  Pekanbaru, Jambi, Palembang, Batam, Bengkulu, Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Tanjung Karang Lampung dan kota-kota lainnya. 

Harapan terbesar kegiatan dimaksud akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui transportasi  udara, membangun kembali tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air Group  dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan,  keamanan penerbangan dan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan. 

Terbang Sehat dan Aman

Pelaksanaan uji kesehatan tetap berjalan menurut pedoman protokol kesehatan, sesuai apa yang telah  dijalankan oleh Lion Air Group dan fasilitas kesehatan, masa berlaku menurut ketentuan yang telah  diterbitkan dan diberlakukan. Hasil uji akan keluar (selesai) rata-rata 1×24 jam setelah sampel RT-PCR diterima oleh laboratorium. 

Pemeriksaan (pengujian) sampel RT-PCR terpusat di C.791 Laboratorium Unicare Clinic Ubud Bali yang  sudah terdaftar dan terafiliasi Kementerian Kesehatan.  

Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan (faskes) berupaya mengakomodir kebutuhan calon penumpang  dengan tingkat kecepatan penanganan uji kesehatan, akurat, praktis, mudah, hemat waktu dan efektif.  

Persyaratan RDT-ANTIGEN dan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut: 1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings  Air dan Batik Air), 

Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan  Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia;  www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket  Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA)

  1. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket), 
  2. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan  RDT-ANTIGEN atau RT-PCR, maka pembelian voucher RDT-ANTIGEN atau RT-PCR dengan  menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor  penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel)  dan lainnya.
    1. Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring  fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa  dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan.
    2. Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan 1×24 jam sebelum keberangkatan. Apabila  pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan),  maka voucher tidak berlaku. 
    3. Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses  perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa  dikenakan biaya. 

    Lion Air Group dan faskes kerjasama mendukung program pemerintah guna memastikan syarat  penerbangan setiap calon penumpang dalam bepergian menggunakan pesawat udara terpenuhi sejalan  menekan laju (pengendalian) penyebaran virus korona (Covid-19).  

    Terbang Mudah dan Nyaman: Digitalisasi Secara Bertahap

    Data hasil RT-PCR di laboratorium disimpan dalam big data Kementerian Kesehatan yaitu New All Record  (NAR). NAR akan terkoneksi PeduliLindungi. Aplikasi ini akan menyimpan dan menunjukkan (terintegrasi) data digital (elektronik) dari setiap calon penumpang berupa: 

    1. Hasil tes pemeriksaan RT-PCR Covid-19 
    2. Kartu/ sertfifkat vaksinasi nasional

    Tujuan digitalisasi dapat memberi rasa nyaman dan aman kepada setiap penumpang, karena: 1. Berfungsi guna pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan, sehingga calon penumpang lebih  praktis dan mudah, cukup dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi

    1. Mempercepat waktu proses verifikasi,  
    2. Mencegah dan meminimalisir hal yang tidak diinginkan seperti tindakan pemalsuan hasil uji  kesehatan atau sertifikat vaksin,  
    3. Protokol kesehatan terjaga dan diimplementasikan dengan baik (tidak perlu berdesakkan ketika  melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan). 

    Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan bersinergi dalam mendukung program digitalisasi PeduliLindungi yang dikembangkan seiring membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan dan upaya  menghentikan (pengendalian) penyebaran Covid-19 seiring penguatan 3T (Test, Tracing, Treatment).  

    Sebelum keberangkatan: calon penumpang diharapkan mengunduh (download) dan registrasi (pengisian)  aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple  Store atau dapat diakses https://pedulilindungi.id/ 

    Sebagai informasi, Kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (electronic Health Alert Card – eHAC) atau  Aplikasi Elektronic Health Alert Card (e-HAC) Kementerian Kesehatan telah terintegrasi (menyatu) ke dalam  Sistem informasi Satu Data Covid-19 PeduliLindungi (sesuai Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor  HK.02.01/MENKES/847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang  Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi)

    Sistem Sirkulasi Udara Terjaga Baik

    Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat.  HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis  virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga  lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

    Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode  Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic  (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.  

    Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada  pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta  komitmen Lion Air Group dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan  kenyamanan penerbangan (safety first) serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.