Lion Air Group Memperluas Layanan RDT-ANTIGEN Rp 70.000 dan RT-PCR Rp 475.000 di SIDOARJO

S U R A B A Y A – 17 Agustus 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW),  Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memperkuat kerjasama dengan Rumah Sakit  Sheila Medika dalam menyediakan uji kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yakni menambahkan layanan Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).  

Sejak 18 Maret 2021, Lion Air Group dan RS Sheila Medika sudah menjalin kemitraan untuk layanan Rapid  Diagnostic Test Antigen (RDT-ANTIGEN).

Efektif Selasa (17/ 08), calon penumpang Lion Air Group akan mendapatkan nilai lebih dalam memilih uji  kesehatan berdasarkan ketentuan perjalanan udara yang berlaku. Pengambilan sampel RT-PCR dan RDT ANTIGEN tetap dilakukan di lokasi:

RS Sheila Medika

Jalan Letjen Wahono No.77-79 (bypass Juanda Baru),

Sedati Gede, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur 61253

Waktu pelayanan:

∙ Setiap hari 24 jam

∙ Libur nasional 24 jam

Pelaksanaan uji kesehatan tetap berjalan menurutpedoman protokol kesehatan, sesuai apa yang telah  dijalankan oleh Lion Air Group dan fasilitas kesehatan, terjangkau: voucher RDT-ANTIGEN Rp 70.000 dan RT-PCR Rp 475.000 berlaku satu kali uji, masa berlaku menurut ketentuan yang telah diterbitkan dan  diberlakukan. Hasil uji akan keluar (selesai) rata-rata 1×24 jam setelah sampel RT-PCR diterima oleh  laboratorium.

Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan (faskes) berupaya mengakomodir kebutuhan calon penumpang  dengan tingkat kecepatan penanganan uji kesehatan, akurat, praktis, mudah, hemat waktu dan efektif.

Hasil tes RT-PCR menggunakan metode thermal cycler (teknik amplifikasi DNA), pemeriksaan (pengujian)  sampel terpusat di C.822 Laboratorium RS Sheila Medika Kabupaten Sidoarjo. Laboratorium terafiliasi  Kementerian Kesehatan.

Penambahan jejaring untuk pengambilan sampel RT-PCR di Sidoarjo menjadikan Lion Air Group bersama  fasilitas kesehatan menjangkau 28 jaringan RT-PCR dan 88 untuk RDT-ANTIGEN. (jaringan lokasi RDT ANTIGEN dan RT-PCR lainnya, lihat daftar lampiran – terpisah dari siaran berita ini)

Harapan terbesar kegiatan dimaksud akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui transportasi  udara, membangun kembali tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air Group  dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan,  keamanan penerbangan dan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Baca juga  Integrasi Data BPJS Kesehatan dengan Kementerian Ketenagakerjaan

Persyaratan RDT-ANTIGEN dan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut: 1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings  Air dan Batik Air). Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara dapat diperoleh  melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di  seluruh kota di Indonesia; www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan  Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021- 6379 8000 dan 0804-177-8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA). 2. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket), 

  1. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan  RDT-ANTIGEN atau RT-PCR, maka dapat membeli voucher RDT-ANTIGEN atau RT-PCR dengan  menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor  penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel)  dan lainnya.
  2. Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan 1×24 jam sebelum keberangkatan. Apabila  pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan),  maka voucher tidak berlaku.
  3. Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang dapat melakukan proses  perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa  dikenakan biaya.

Proses Penerbangan akan Lebih Mudah, Sehat, Aman

Koneksi Penerbangan Luas

Kini, untuk area Jawa Timur terutama Surabaya dan Sidoarjo tersedia pilihan fasilitas kesehatan yang dinilai  akan semakin memudahkan calon penumpang Lion Air Group yang berasal dari Kota Surabaya, Kabupaten  Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Kabupaten Kediri serta daerah-daerah  lain di sekitar dalam mempersiapkan rencana penerbangan.

Baca juga  Konflik Papua Dapat Diselesaikan dengan Pendekatan ke Masyarakat

Calon penumpang dapat melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara, yang akan bepergian  menggunakan pesawat udara dengan keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Juanda (SUB) dan  bandar udara lain.

Jadwal penerbangan Lion Air Group akan memberikan kesempatan bagi calon penumpang dan penumpang  dari Juanda bisa melanjutkan perjalanan udara ke Banyuwangi, Jember, Denpasar, Lombok, Sumbawa, Bima,  Labuan Bajo, Ende, Waingapu, Tambolaka, Kupang, Alor, Semarang, Solo, Yogyakarta Adisutjipto, Bandung,  Jakarta (Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dan Bandar Udara Internasional Halim  Perdanakusuma), Tanjung Karang, Palembang, Bengkulu, Pekanbaru, Batam, Tanjung Pinang, Padang,  Medan Kualanamu, Banda Aceh, Palangkaraya, Sampit, Pangkalan Bun, Samarinda, Berau, Balikpapan,  Banjarmasin, Kotabaru, Tarakan, Makassar, Mamuju, Palu, Kendari, Wangi-Wangi, Morowali, Gorontalo,  Luwuk, Manado, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Timika, Ambon, Merauke dan kota tujuan lain.

Lion Air Group dan faskes kerjasama mendukung program pemerintah guna memastikan syarat  penerbangan setiap calon penumpang dalam bepergian menggunakan pesawat udara terpenuhi sejalan  menekan laju (pengendalian) penyebaran virus korona (Covid-19).

Digitalisasi Secara Bertahap

Data hasil RT-PCR di laboratorium disimpan dalam big data Kementerian Kesehatan yaitu New All Record  (NAR). NAR akan terkoneksi aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi akan menyimpan dan menunjukkan (terintegrasi) data digital (elektronik) dari  setiap calon penumpang berupa:

  1. Hasil tes pemeriksaan RT-PCR Covid-19 
  2. Kartu/ sertfifkat vaksinasi nasional.

Tujuan digitalisasi dapat memberi rasa nyaman dan aman kepada setiap penumpang, karena: 1. Berfungsi guna pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan, sehingga calon penumpang lebih  praktis dan mudah, cukup dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi,

  1. Mempercepat waktu proses verifikasi,
  2. Mencegah dan meminimalisir hal yang tidak diinginkan seperti tindakan pemalsuan hasil uji  kesehatan atau sertifikat vaksin,
  3. Protokol kesehatan terjaga dan diimplementasikan dengan baik (tidak perlu berdesakkan ketika  melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan).

Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan bersinergi dalam mendukung program digitalisasi PeduliLindungi yang dikembangkan seiring membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan dan upaya  menghentikan (pengendalian) penyebaran Covid-19 seiring penguatan 3T (Test, Tracing, Treatment).

Baca juga  Bekraf dan BNI Syariah Luncurkan Deureuham 2019

Sebelum keberangkatan: calon penumpang diharapkan mengunduh (download) dan registrasi (pengisian)  aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple  Store atau dapat diakses https://pedulilindungi.id/

Sebagai informasi, Kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (electronic Health Alert Card – eHAC) atau  Aplikasi Elektronic Health Alert Card (e-HAC) Kementerian Kesehatan telah terintegrasi (menyatu) ke dalam  Sistem informasi Satu Data Covid-19 PeduliLindungi (sesuai Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor  HK.02.01/MENKES/847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang  Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi).

Sistem Sirkulasi Udara Terjaga Baik

Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat.  HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis  virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga  lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode  Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic  (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.

Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada  pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta  komitmen Lion Air Group dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan  kenyamanan penerbangan (safety first) serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.