Internalisasi Distance Learning Tingkatkan Kemampuan Widyaiswara PUPR Mengajar Secara Online

Jakarta, 4 Juni 2020 – Untuk meningkatkan kelancaran proses mengajar dalam penggunaan metode pembelajaran jarak jauh (distance learning) sebanyak 46 widyaiswara (WI) dan sejumlah perwakilan dari seluruh balai diklat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengikuti Internalisasi Distance Learning secara online dari Jakarta, Jumat (5/6).

 

Kegiatan yang difasilitasi oleh Pusdiklat Manajemen dan Pengembangan Jabatan Fungsional menghadirkan narasumber dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Muhammad Aswad menyebutkan adanya empat variabel utama masa depan pemerintahan, yakni disrupsi di semua sektor kehidupan, menguatnya artificial intelligence, penggunaan big data, dan interaksi pelayanan online.

Seperti diketahui, sesuai dengan Surat Edaran Nomor 7/K.1/HKM.02.03/2020 tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penularan Covid-19 dalam Pelatihan, maka Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR menerapkan metode distance learning, baik dalam pelatihan maupun seminarnya. Salah satu WI Utama, Djoko Murjanto, melalui konferensi video mengatakan kedepan arah pengembangan para widyaiswara, adalah fokus pada penguatan transformasi digital dalam proses pembelajaran.

Karena itu, pada pertemuan kali ini widyaiswara ditekankan untuk dapat mengikuti perubahan dari kebiasaan, terutama dari cara mengajar hingga pemberian materi, sebab sangat dimungkinkan selama masa pandemi belum berakhir, seluruh pelatihan nantinya akan menggunakan metode e-learning. Oleh karena itu bahan ajar dan penyampaiannya hendaknya dibuat semenarik mungkin, sebab penerimaan peserta dari pelatihan yang disampaikan secara langsung (tatap muka) berbeda dengan secara online class (jarak jauh). Karena itu, harus ada perubahan signifikan dalam pengajaran.

IEL University Super Series 2020, UIN SUKA Yogyakarta, Signify, BPSDM PUPR, Lion Air Group, Inspirational Video, Motivational Video