BBPJN XIII Makassar Raih Gelar Juara Turnamen Gateball Hapernas 2018

JAKARTA – Tim gateball dari Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar meraih juara pertama Turnamen Gateball dalam rangka Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2018. BBPJN XIII Makassar mengalahkan juara bertahan tim gateball Direktorat Jenderal Bina Marga dengan skor 12 -10.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menyatakan, Kegiatan Turnamen Gateball ini diselenggarakan secara rutin oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR dalm rangka memperingati Hapernas Tahun 2018.  Adanya kegiatan olahraga ini diharapkan dapat lebih menyemarakkan peringatan Hapernas yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus setiap tahunnya.

“Kami ingin Turnamen Gateball ini bisa lebih menonjolkan nuansa olahraga dalam Peringatan Hapernas yang diikuti bagi insan Kementerian PUPR khususnya di lingkungan Ditjen Penyediaan Perumahan,” ujar Khalawi Abdul Hamid di Jakarta.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta sejumlah pejabat Eselon I Kementerian PUPR seperti Dirjen penyediaan Perumahan, Dirjen Pembiayaan Perumahan, Dirjen Bina Konstruksi dan Dirjen Bina Marga.

Turnamen Gateball Hapernas 2018 ini dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu – Jum’at tanggal 29 – 31 Agustus 2018 dan diikuti sebanyak 59 tim yang terdiri dari perwakilan Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan dari seluruh provinsi di Indonesia, unit organisasi di lingkungan Kementerian PUPR serta mitra kerja di bidang pembangunan perumahan.

Pelaksanaan babak penyisihan grup hingga babak semifinal Turnamen Gateball Hapernas 2018 ini dilaksanakan di Stadion Sumantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta. Sedangkan babak final yang memperebutkan juara 1,2 dan 3 dilaksanakan di lapangan gateball Kementerian PUPR. Selain memperebutkan trofi piala bergilir Dirjen Penyediaan Perumahan, para juara juga mendapatkan peralatan stik dan bola gateball.

Pada kegiatan ini, pihak panitia juga memberikan hadiah kepada peserta tim gatebll yang mengenakan pakaian seragam atau berpenampilan paling menarik. Untuk kategori wanita, tim berpenampilan menarik di raih oleh tim gateball Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR. Sedangkan untuk pria diraih perwakilan BWS Kendari.

Penyerahan hadiah untuk para juarapun langsung diberikan oleh para pejabat Eselon I. Sedangkan untuk juara pertama, trofi diberikan secara langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang juga menjadi Ketua Umum Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi)

Sebelum dilaksanakan babak final, diselenggarakan pertandingan antara tim gateball Ditjen Sumber Daya Air melawan tim gateball Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR untuk memperebutkan posisi juara 3 dan 4. Bermain di hadapan para penonton dan sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian PUPR, kedua tim bermain sangat hati-hati.

Kejar mengejar poin pun terjadi dalam pertandingan ini. Para penonton pun disajikan permainan tim yang baik. Dukungan dari para suporter kedua tim pun membahanan di lapangan gateball Kementerian PUPRE.

Namun demikian, dengan strategi dan permainan yang sangat baik, tim gateball Ditjen SDA mampu mengalahkan tim Sekjen Kementerian PUPR dengan skor tipis 12 – 11. Tim gateball Ditjen SDA pun meraih gelar juara 3 dalam turnamen tersebut.

Sedangkan pada pertandingan babak final yang mempertemukan tim gateball BBPJN XIII Makassar dengan Ditjen Bina Marga juga berlangsung seru. Kedua tim yang pernah menjuarai turnamen ini pun  bermain dengan cukup hati-hati. Strategi permainan yang digawangi oleh masing-masing kapten tim pun terlihat dalam pertandingan ini.

Kedua tim pun melancarkan serangan untuk dapat mengeluarkan bola lawan. Meskipun demikian, perlawanan dari tim gateball Ditjen Bina Marga pun  akhirnya melemah dan tim BBPJN XIII Makassar berhak menjadi juara dengan skor akhir 12 -10.

Kapten tim gateball BBPJN Makassr M Yusron mengungkapkan, timnya berhasil menjadi juara karena strategi permainan yang baik. Selain itu, latihan rutin yang dilaksanakan di Makassr juga dapat membentuk kekompakan tim.

“Alhamdulillah akhirnya kami menjadi juara lagi di Turnamen Gateball Hapernas ini. Sebelumnya kami sempat juara di turnamen yang sama yang digelar tahun 2016 lalu,” ujarnya bangga.