Jakarta, 10 Juli 2019 – Dengan capaian 90 persen dalam kurun 2015-2017, Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan ekonomi digital tertinggi di Asia Tenggara. Pastinya, potensi yang besar ini juga dibarengi dengan melonjaknya kebutuhan akan talenta atau tenaga kerja yang sesuai.
Disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Rudiantara, dalam “Seminar Nasional Kolaborasi Milenial dan Fintech Menyongsong Revolusi Industri 4.0” awal Maret lalu, Indonesia sendiri membutuhkan 60 ribu orang talenta digital per bulan. Kebutuhan tersebut setidaknya berlangsung hingga tahun 2030 mendatang, berdasarkan hasil studi World Bank, McKinsey, maupun lembaga-lembaga analisis global lainnya.
Proyeksi ini merupakan tanggung jawab semua pihak, terutama yang terkait pendidikan demi pengembangan sumber daya manusia unggul.
Sebagai pionir e-commerce di Indonesia sejak 1993, Bhinneka pun turut aktif berupaya menjawab tantangan ini. Tak hanya aktif merekrut talenta-talenta muda dari dalam negeri, Bhinneka terus bekerja sama dengan banyak pihak menghadirkan fasilitas dan kemudahan penunjang proses belajar mengajar.
“Setelah resmi menjadi toko online pertama yang menerima KJP (Kartu Jakarta Pintar) dan KJMU (Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul) khusus DKI Jakarta sejak 2018 kemarin, kini Bhinneka hadirkan program Sahabat Mahasiswa di kampus-kampus area Jakarta dan sekitarnya. Yang terbaru mulai pertengahan Mei lalu, Bhinneka jalin kemitraan dengan Unika Atma Jaya agar para mahasiswa baru mendapatkan kemudahan kepemilikan perangkat,” jelas Chief of Omni Channel Officer (COCO) Bhinneka, Vensia Tjhin.
Program Sahabat Mahasiswa pada dasarnya memungkinkan para mahasiswa baru Unika Atma Jaya mendapatkan perangkat penunjang proses belajar, seperti laptop dan aksesorinya, printer, serta produk-produk terkait yang lain dengan harga spesial. Ditambah lagi, kerja sama ini juga melibatkan CICIL.co.id sebagai platform pembiayaan khusus mahasiswa. Dari kerja sama ini, para mahasiswa baru diharapkan bisa lebih fokus menjalani pendidikan.
Dalam hal ini, Bhinneka mempersiapkan paket-paket berbagai perangkat. Misalnya, laptop seharga di bawah Rp5 juta, beserta aksesori, dan Microsoft Office, dilengkapi pula hadiah tambahan. Paket-paket bundle ini yang akan terus ditambah dan menyesuaikan kebutuhan terkini para mahasiswa.
Bergulirnya program ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bhinneka, Unika Atma Jaya, dan CICIL.co.id pada 19 Mei 2019 lalu, di kampus Unika Atma Jaya, Jalan Jenderal Sudirman. Kemitraan khusus ini berlangsung untuk periode Tahun Ajaran 2019-2020 dan 2020-2021.
Terkait kerja sama ini, Wakil Rektor Unika Atma Jaya, Elisabeth Rukmini PhD menyampaikan apresiasinya, “Kerja sama ini merupakan menjadi bukti kepercayaan industri pada kami. Semoga fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa.”
Tak sekadar menyiapkan paket-paket perangkat, kemitraan Bhinneka dan Unika Atma Jaya ini juga memungkinkan knowledge sharing yang lebih intensif. Bhinneka berkomitmen meningkatkan keterlibatan di berbagai program kampus. Di antaranya talk show, workshop, dan kegiatan kemahasiswaan lain. Termasuk agenda-agenda resmi kampus seperti Friday Coffee Break, dan Meaningful Saturday.
Terpisah, CICIL.co.id juga antusias dengan kerja sama ini. Seperti disampaikan Co-Founder CICIL.co.id Edward Widjonarko. “Melalui kerja sama program Sahabat Mahasiswa bersama Bhinneka dan Unika Atma Jaya, CICIL.co.id berharap dapat membantu mendukung peningkatan pengalaman belajar mengajar bagi komunitas kampus. Semoga penyediaan fasilitas pembiayaan bertanggung jawab CICIL.co.id ini dapat menjadi solusi mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan biaya kuliah dan perlengkapan kuliah mereka.”
Ke depannya, demi manfaat yang lebih luas kepada para mahasiswa baru di Jakarta dan sekitarnya, Bhinneka juga akan menjalankan program Sahabat Mahasiswa ke berbagai kampus lain. Termasuk lima kampus yang tengah dijajaki saat ini.
“Kami juga berharap, kerja sama seperti ini bisa saling memperkaya perspektif satu sama lain, dan makin menjembatani antara dunia keilmuan di kampus dengan kebutuhan di masyarakat. Terjadi pertukaran pandangan antara calon profesional masa depan, dengan pelaku industri saat ini,” tutup Vensia.
Logitech, UPH, Lenovo, Greenhouse Cowork, Vivo, Bhinneka, UKDW, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Lion Air, SMI, BNI Syariah, Inspirational Video, Motivational Video