Badiklat Yogyakarta Percepat Pelaksanaan Pelatihan Melalui Distance Learning

Jakarta, 4 Mei 2020 – Sejalan dengan himbauan pemerintah untuk melakukan social/phisical distancing untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) Balai Diklat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) WIlayah V Yogyakarta melakukan revisi/penyesuaian pelatihan yang sudah dijadwalkan sepanjang tahun 2020.

Kepala Balai Diklat PUPR Wilayah V Yogyakarta, Anwar, melalui konferensi video pada rapat penyusunan jadwal pelatihan di Jakarta, Senin (4/5) menyampaikan jumlah pelatihan di balai yang ia pimpin sepanjang tahun 2020 sebanyak 33 angkatan, dimana dari jumlah itu yang sudah dilaksanakan sebanyak empat angkatan, sedangkan yang sedang berjalan sebanyak tiga angkatan. Dengan begitu hingga tanggal 4 Mei 2020 masih terdapat 26 angkatan yang belum dilaksanakan.

 

Anwar berpendapat, untuk menyelesaikan seluruh angkatan tersebut beberapa pelatihan yang sifatnya  blended learning, seperti Pelatihan AMDAL SPAM & SPALD perkotaan (sedang berjalan), PISK Permukiman (sedang berjalan), SMK3 Konstruksi, Hukum Kontrak Konstruksi, PISK Bidang SDA, PISK Bidang Perumahan, Pengawasan Konstruksi SPAM, Menejemen Penyediaan Rumah Susun dan Pengembangan Permukiman Perkotaan, bisa dipercepat pelaksanaannya melalui pembelajaran jarak jauh (distance learning).

Pelaksanaan distance learning diakui tidak mudah. Sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto, bahwa pelaksanaan distance learning membutuhkan kesiapan yang baik. Untuk itu kelengkapan infrastruktur sangat penting agar proses belajar dapat berjalan dengan baik.

Sugiyartanto selanjutnya mengingatkan kepada seluruh Kepala Balai agar dalam masa social/physical distancing sekarang semua pelatihan yang memerlukan kunjungan lapangan untuk sementara ditiadakan, sehingga diklat dilaksanakan sepenuhnya secara online.

 

Sementara itu, Sekretaris BPSDM PUPR, K.M. Arsyad, berpesan pada saat pelaksanaan evaluasi/ujian video agar tetap aktif supaya balai pelaksana bisa memonitor kegiatan peserta. Dengan tetap terlaksananya diklat secara online, lanjut Arsyad, maka kebutuhan SDM Kementerian PUPR yang berkualitas akan terpenuhi. Jadi, meskipun di rumah saja, namun ASN terus belajar untuk menambah pengetahuan.

Signify Indonesia, ChatAja, Vivo, BPSDM PUPR, STIAMI, P&G Indonesia, Pantene, J&T Express, Inspirational Video, Motivational Video