Empat Negara Nordik Gelar Roadshow, Surabaya Kota Perdana

Negara-negara di wilayah barat laut benua Eropa atau kerap disebut dengan negara Nordik (Nordic) akan melakukan perjalanan di empat kota di Indonesia. Acara yang diberi nama Nordic Roadshow ini akan digelar untuk pertama kalinya di Indonesia, dan akan menyambangi empat kota di Indonesia, yaitu dimulai dari Kota Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan berakhir di Jakarta.

Nordic Roadshow ini diikuti oleh empat negara, yaitu Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Swedia dan juga akan saling berbagi tentang pengalaman, ilmu, dan juga ide tentang solusi untuk menjawab tantangan global seperti energi terbarukan, pengelolaan sampah, transportasi publik, dan juga kesempatan dalam pendidikan.

Ibukota negara-negara Nordik seperti Copenhagen, Helsinki, Oslo, dan Stockholm dikenal sebagai kota layak huni di dunia dan juga memiliki indeks tinggi untuk warga yang tinggal di sana seperti transportasi, taman, keberlanjutan pembangunan dan lingkungan, dan lain sebagainya. Nordic Roadshow akan membagi ilmu tentang penataan kota dan juga solusi untuk membuat kota yang lebih layak huni. Tak hanya itu, para delegasi dari Nordic Roadshow ini juga akan belajar tentang solusi-solusi yang sudah dilakukan oleh keempat kota di Indonesia tersebut.

Ketika ditanya tentang alasan Surabaya dipilih sebagai pemberhentian pertama dari roadshow ini, First Secretary of the Norwegian Embassy, Simen Johan Willgohs, ketika menemui awak media dalam Konferensi Pers di Gedung Humas Pemerintah Kota Surabaya Kamis (19/4) mengatakan bahwa Kota Surabaya merupakan pilihan utama, karena kota ini telah menunjukkan perkembangan pesat dalam kurun waktu yang bisa dibilang cepat.

Ia menambahkan bahwa ketika ia berada di Surabaya, ia terkesan dengan banyaknya taman yang dibangun, lebarnya trotoar untuk para pejalan kaki, dan juga banyaknya ruang terbuka yang bisa digunakan oleh masyarakat dan anak-anak untuk bermain. Simen menambahkan bahwa delegasi dari Nordic Roadshow ini tertarik dengan solusi yang sudah dibuat oleh Surabaya dan apa yang sudah dilakukan oleh kota ini dalam sepuluh tahun terakhir.

Sharing Knowledge sebagai bagian dari Nordic Roadshow ini akan digelar pada hari Sabtu, 21 April 2018 di Gedung Siola lantai 4 yang diikuti oleh 50 delegasi dari Kedutaan Besar Norwegia, Denmark, Finlandia, dan Swedia, instansi pemerintahan, dunia bisnis, dan juga universitas. Selanjutnya, pada hari Minggu, 22 April 2018 para Duta Besar dari keempat negara Nordik dan juga delegasi akan menggelar eksibisi (pameran) di acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di Taman Bungkul dan akan menyapa seluruh warga Surabaya yang ada di sana.