nexus dari Standard Chartered Jalin Kemitraan dengan E-commerce Sociolla untuk Perkenalkan Produk Keuangan kepada Penggunanya

83

1 Oktober 2020, Jakarta – Standard Chartered Bank mengumumkan kemitraannya dengan Sociolla melalui nexus, solusi “Banking as a service”. Sejalan dengan visi Bank untuk memudahkan akses ke layanan keuangan bagi konsumen yang fasih teknologi di seluruh pasarnya, kemitraan ini akan memungkinkan Sociolla untuk menawarkan produk keuangan, seperti rekening tabungan, pinjaman, dan kartu kredit yang didukung oleh nexus pada akhir 2021, bergantung pada persetujuan regulator.

Ini adalah kemitraan kedua yang telah dibangun oleh nexus di Indonesia, yang memberikan Standard Chartered Bank kesempatan untuk menjangkau mereka yang tidak memiliki rekening bank dan memperluas basis pelanggannya di Indonesia, negara terpadat ke-4 di dunia, yang mana tingkat adopsi e-commerce-nya adalah yang tertinggi di dunia1.

Seiring perubahan perilaku konsumen akibat Covid-19, semakin banyak orang Indonesia yang bermigrasi secara daring untuk membeli barang-barang konsumen di platform e- commerce2. Pandemi tersebut juga mengungkapkan perlunya percepatan upaya digitalisasi di perbankan, yang menjadi tujuan Standard Chartered Bank untuk meningkatkan inklusi keuangan.

Andrew Chia, Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, mengatakan: “Kami sangat senang mengumumkan kemitraan kami dengan Sociolla, platform e-commerce kecantikan dan perawatan pribadi terkemuka di Indonesia. Kemitraan kedua dengan platform e-commerce ini menegaskan kembali komitmen Standard Chartered Bank untuk mengembangkan jejak kami secara lokal. Kami percaya masa depan perbankan adalah digital, dan nexus siap untuk memanfaatkan kemitraan strategis yang memungkinkan akses keuangan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia.”

Kemitraan ini sejalan dengan ambisi Sociolla untuk mengubah industri kecantikan melalui teknologi. Co-Founder dan Presiden Direktur Social Bella (induk perusahaan Sociolla), Christopher Madiam mengatakan: “Kami sangat senang menjadi perusahaan teknologi kecantikan pertama yang bekerja sama dengan Standard Chartered Bank untuk menyediakan solusi perbankan inovatif ini bagi customer kami. Di Sociolla, kami bangga dengan kemampuan teknologi kami dalam menyediakan pengalaman kecantikan holistik dan unik yang benar-benar memenuhi kebutuhan pelanggan kami. Layanan perbankan merupakan nilai tambah yang penting untuk terus melengkapi ekosistem terintegrasi kami, terutama saat ini ketika kami telah memperhatikan adanya permintaan yang terus meningkat dari pelanggan kami untuk pembayaran digital tepercaya.”

Selain itu, pembayaran digital memiliki peran besar dalam mempromosikan ekonomi digital Indonesia. Dengan banyaknya volume produk kecantikan dan perawatan pribadi yang dibeli secara daring, industri ini harus dapat beradaptasi dengan meningkatnya penggunaan metode pembayaran digital oleh pelanggan. Christopher menambahkan: “Karena e- commerce terus mengembangkan kehadiran yang lebih luas di antara penggemar kecantikan Indonesia, kami berharap dapat memperluas basis pelanggan kami melalui pengalaman pembelian daring yang lebih mudah dan nyaman dalam ekosistem kami.”

Diumumkan pada bulan Maret tahun ini, nexus telah diinkubasi di SC Ventures yang merupakan divisi inovasi, investasi teknologi finansial dan bisnis ventura dari Standard Chartered3. Melalui solusi “Banking as a Service” ini, platform dan ekosistem digital seperti e- commerce, media sosial, atau perusahaan penghubung transportasi, akan dapat menawarkan pinjaman, kartu kredit, dan rekening tabungan yang dibuat bersama dengan bank kepada pelanggan mereka sendiri dengan merek mereka sendiri. Standard Chartered juga berniat untuk lebih lanjut meluncurkan solusi ini ke negara-negara lain yang memiliki kerangka peraturan yang tepat dan platform digital yang matang di Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

Standard Chartered telah secara aktif bereksperimen dengan model-model bisnis baru untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang makin berkembang. Baru-baru ini Bank mengumumkan peluncuran Mox, bank virtual baru untuk masyarakat umum di Hongkong, yang diciptakan dalam kemitraan dengan PCCW, HKT dan Trip.com. Bank juga mengumumkan kerja sama dengan Assembly Payments di bulan Februari untuk menghadirkan solusi-solusi pembayaran next generation, serta telah mendirikan platform terbuka digital, Solv, untuk membantu UMKM di India dan negara lain untuk tumbuh dengan menyediakan jajaran layanan finansial dan bisnis.