BRI Dorong Digitalisasi UMKM Indonesia

JAKARTA, Indonesia, 10 Desember 2021 /PRNewswire/ – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk (IDX:BBRI) mengadakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dalam format digital pada tanggal 9-16 Desember 2021. Lewat pameran virtual terbesar yang diselenggarakan oleh BRI ini, pengunjung dapat menyaksikan pameran 3D dari 500 UMKM yang telah dikurasi.

Acara ini akan menampilkan konsep tematik outdoor, yang menyoroti lima tujuan wisata Indonesia: Raja Ampat (Papua Barat), Borobudur (Jawa Tengah), Toba (Sumatera Utara), Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

“BRI mendukung UMKM Indonesia untuk tumbuh sebagai bisnis yang mapan dan go global yang dapat bersaing di pasar internasional. Sebagai agen pembangunan (agent of development), BRILIANPRENEUR berkomitmen untuk menghadirkan peluang yang luar biasa bagi UMKM untuk dapat mencapai tujuan tersebut,” ujar Sunarso, Direktur Utama BRI.

BRI menargetkan transaksi potensial sebesar US$65 juta tahun ini. Untuk itu, BRI telah melakukan inisiatif “Go Digital” kepada UMKM terpilih melalui workshop digital, pelatihan “Go Online,” dan kerjasama dengan marketplace, seperti Shopee dan UMKM PADI.

Salah satu peserta BRILIANPRENEUR 2021, Restu Mande, berhasil memetik banyak pembelajaran dari sesi tersebut. Sebagai pelopor masakan Padang kemasan vakum seperti rendang dan gulai ayam, mereka meraih omzet tertinggi ke-2 untuk produk yang dijual secara digital dan mendapatkan penghargaan “Best UMKM’s UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020.”

Coaching clinic yang dilakukan BRI telah mendorong kami untuk sepenuhnya mendigitalkan bisnis, sehingga kami dapat bersaing di marketplace digital dan media sosial. Penghargaan ini juga telah menaikan kredibilitas kami sekaligus menarik banyak potensi pasar, baik domestik maupun internasional,” ujar Nenden Rospiyani, Co-Founder dan Pemilik Restu Mande.

Melalui “Lelang Produk UMKM x Desainer,” BRILIANPRENEUR 2021 juga akan menampilkan secara virtual 10 karya desainer yang hasilnya akan disumbangkan ke Yayasan Sahabat UMKM. Selain itu, berbagai sesi talkshow juga akan disiarkan langsung melalui situs web. Pengunjung dapat belajar dari para ahli di berbagai bidang, dengan topik mulai dari pemasaran global, prosedur administratif dan legal, hingga ekspor produk ke luar negeri.

BRI akan memberikan beberapa kategori penghargaan UMKM untuk “Best Business Matching” yang terdiri dari “Best Newcomers” dan “Top Deals” dengan potensi dealing tertinggi; “Best Expo” untuk kesiapan UMKM go digital dan go online; serta UMKM Favorit berdasarkan kampanye media sosial. Penghargaan khusus  “The Highest Business Matching Activity” and “The Highest Commitment Deals” juga akan diberikan untuk menarik lebih banyak pembeli dari 30 negara yang telah ditargetkan.