UKDW Tuan Rumah Forkom PPTKI 2019

9

Forum komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Kristen Indonesia (PPTKI) merupakan sebuah wadah bagi perpustakaan-perpustakaan PTK seluruh Indonesia untuk menyusun program kerja, sharing, dan berbagi ilmu antaranggotanya.

Forum ini merupakan bagian dari Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Kristen Indonesia (BKPTKI). Tahun ini, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Forkom PPTKI yang diselenggarakan pada tanggal 12-13 September 2019.

 

Titi Sunarni, S.Pd., MIP selaku Kepala Unit Perpustakaan UKDW Yogyakarta sekaligus Ketua Panitia Forkom PPTKI 2019 menyampaikan rangkaian acara yang disusun selain pertemuan dan rapat kerja meliputi seminar nasional, workshop, library tour, dan literasi budaya. Mengawali Forkom PPTKI 2019, diselenggarakan seminar nasional dan workshop bertajuk “Profesionalisme , Lifestyle, Personal Branding Pustakawan Menghadapi Tantangan Society 5.0” di Lecture Hall Pdt. Dr. Rudy Budiman UKDW pada tanggal 12 September 2019. Narasumber yang hadir dalam seminar dan workshop ini adalah Dr. Rahma Sugihartati, M.Si dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Drs. Ida Fajar P, MA., PhD dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Centaury Harjani, S.Ds., M.Sn dari UKDW Yogyakarta, dan Chefira Lisanias, S.Psi, Pembimbing Praktik Kerja Profesi Bidang Psikologis Klinis.

“Tema tersebut kami ambil meihat fenomena yang terjadi pada generasi milenial saat ini. Pustakawan harus memiliki bekal dan pemahaman bagaimana menjadi seorang profesional dengan memperhatikan lifestyle untuk meningkatkan personal branding sehingga siap menghadapi tantangan society 5.0,” tutur Titi Sunarni.

 

Pada kesempatan tersebut, Rahma Sugihartati menyoroti perilaku generasi milenial dan memberi masukan pada para pustakawan dalam menghadapi generasi Z pada era disrupsi ini melalui inovasi dan pengembangan layanan perpustakaan. Sedangkan Ida Fajar membahas strategi pustakawan agar tetap eksis di era 4.0 menuju era 5.0. Sementara itu Centaury Harjani mengulas tentang fashion dan lifestyle seorang pustakawan agar tetap menarik dan mengikuti trend yang berkembang. Di akhir sesi, Chefira Lisanias menyampaikan materi mengenai self improvement supaya siap menghadapi tantangan generasi milenial tanpa tekanan stress. Di akhir acara, peserta diajak untuk menikmati jamuan tradisional yang dibalut dengan suasana nusantara yang kental.

Pertemuan dan rapat kerja Forkom PPTKI diadakan pada tanggal 13 September 2019 di Ruang Seminar Pdt. Dr. Harun Hadiwidjono UKDW membahas mengenai permasalahan yang dihadapi oleh para pustakawan. Acara ditutup dengan literasi budaya dimana para anggota diajak untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu dan Museum Merapi.

UKDW Yogyakarta, Malindo Air, KOMPAK, BNI Syariah, Vivo, Lion Air, Huawei, Chlostanin Hoken, Mandiri I SEE FEST, Kemenpora RI, Inspirational Video, Motivational Video