UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan BSM Salurkan Hewan Kurban Ke Gunungkidul

Seiring momentum Hari Raya Idul Adha 1439 H/2018 M, Bank Mandiri Syariah (BSM) bekerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta akan menyelenggarakan pemotongan dan penyaluran hewan qurban di beberapa desa Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul. Branch Manager Bank Syariah Mandiri Ambarukmo Abdul Ghazali menyerahkan secara simbolik 7 ekor kambing ke Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Phil. Sahiron, MA. di gedung Saifuddin Zuhri, Selasa(21/8).

Dr. Phil. Sahiron, MA. mengatakan setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah. “ Rencananya melalui LPPM enam ekor akan didistribusikan ke Saptosari dan satu ekor dialokasikan ke Laboratorium Agama Masjid UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”Kata Sahiron.

Sahiron berharap agar ke depannya kegiatan sosial dari BSM bisa teraplikasi dalam berbagai kegiatan dan bisa dikembangkan lebih luas ke beberapa bidang di UIN Sunan Kalijaga. Karena dalam beberapa tahun ini kita sudah beberapa kali menjalankan kerjasama dengan Bank Syariah Mandiri.

Sementara Abdul Ghazali menjelaskan program penyaluran hewan kurban ini dari pusat dan kami memilih daerah-daerah yang memang membutuhkan. Sekarang ini kita dari bagian corporate social responsibility (CSR) bekerjasama dengan mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga untuk membantu menyalurkan hewan kurban.”Tahun ini baru menyalurkan tujuh ekor, semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi”kata Abdul Ghazali.

Abdul Ghazali menambahkan Mandiri Syariah dan Laznas BSMU juga mendistribusikan hewan kurban ke seluruh wilayah di Indonesia, termasuk ke Yogyakarta. Ada 1 ekor sapi dan 80 ekor kambing yang akan disalurkan ke empat kabupaten yakni Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul dan satu Kota Yogyakarta. Semoga kegiatan ini merupakan bentuk perhatian manajemen dan meningkatkan engagement pegawai dan shatekholder kepada perusahaan untuk saling maju bersama.

Sementara Siti Khoiriyah mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga di Pedukuhan Widoro menceritakan bahwa ada tujuh lokasi yang sudah ditentukan untuk penyaluran hewan kurban yakni Planjan, Krambilsawit, Kepek, Ngelo, Kanigoro dan Widoro. “Satu ekor kambing di Widoro akan kita bagikan ke 123 kepala keluarga setelah melaksanakan sholat Idul Adha. Sebelumnya sudah tersedia dua ekor kambing dari iuran warga yang sedang belajar berkurban” ucap Khoiriyah.

Selain itu juga di Laboratorium Agama Masjid UIN Sunan Kalijaga akan dilaksanakan sholat Idul Adha dengan Khotib Guru Besar Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Prof. Dr. H. Syihabuddin Qalyubi, Lc M. Ag dan yang bertugas menjadi imam KH. Robert Nasrullah. Di masjid UIN Sunan Kalijaga juga mengadakan pemotongan dan penyaluran hewan kurban. Sementara ini sudah ada 2 ekor sapi dan 10 ekor kambing, yang akan dibagikan ke warga sekitar kampus UIN Sunan kalijaga.