Tip Kembangkan Bisnis Online Lewat Fitur Telegram

Jakarta, 15 November 2021 – Pandemi Covid-19 telah menciptakan tantangan baru di dunia usaha secara global, termasuk di Indonesia. Selama pandemi berlangsung, para pelaku bisnis didorong untuk bisa  bersikap adaptif dan inovatif dalam menghadapi tantangan berbisnis, mulai dari omzet yang menurun,  kesulitan memperoleh bahan baku usaha dikarenakan penerapan pembatasan sosial, hingga anjloknya  permintaan akan barang yang dijual.  

Selama beberapa bulan terakhir, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia telah menunjukkan perbaikan. Hal  ini ditunjukkan dengan menurunnya angka kasus aktif dan positif baru yang membutuhkan perawatan  medis. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, sejak gelombang  pandemi Covid-19 kedua di bulan Juli 2021, secara keseluruhan kasus Covid-19 di Indonesia telah  menurun sebesar 89-98%. Hal ini juga didukung oleh kegiatan vaksinasi yang terus berjalan dengan masif.  Terlebih lagi,saat ini Pemerintah Indonesia telah melonggarkan berbagai aturan pembatasan sosialsecara  bertahap. Artinya, saat ini masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal dengan penerapan  protokol kesehatan yang terus dijaga. 

Dalam hal ini, situasi pandemi yang semakin membaik di Indonesia dapat menjadi sebuah momentum  yang baik bagi para pelaku usaha untuk mulai kembali mendorong performa bisnisnya. Misalnya, dengan  mengembangkan strategi digital marketing di media sosial, belajar mengelola keuangan bisnis  menggunakan berbagai platform e-payment, atau mengeksplorasi peluang untuk mengembangkan bisnis  lewat platform layanan pengirim pesan instan yang ada, salah satunya Telegram.  

Berbeda dari platform layanan pengirim pesan instan lainnya, lewat berbagai fitur uniknya, Telegram juga  bisa dimanfaatkan untuk semakin mengembangkan bisnis online kamu, lho! Penasaran? Yuk, simak cara  mengembangkan bisnis online lewat empat fitur Telegram berikut: 

  1. Dapatkan tips dan edukasi seputar berbisnis dari channel Telegram
Baca juga  Grab dan Lazada Berkolaborasi Guna Pengiriman Barang Konsumen Yang Lebih Ramah Lingkungan

Di Telegram, kamu bisa menemukan berbagai channel yang membahas seputar bisnis, seperti  marketing, sales, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada berbagai influencer bisnis yang aktif  memberikan tips berbisnis lewat channel Telegram mereka masing-masing, lho! Misalnya, Dewa  Eka Prayoga, sosok di balik suksesnya Billionaire Coach dan Billionaire Store, sebuah perusahaan  bisnis konsultan dan edukasi bisnis, sering membagikan informasi webinar seputar bisnis yang ia  adakan lewat channel-nya di Telegram. 

Selain itu, terdapat channel edukatif seperti @punya_bisnis, @bisnisdigitalid, dan  @bisnismillenial yang juga membagikan berbagai tips dan trik berbisnis kepada para subscribers nya di Telegram yang tentunya nggak mau kamu lewati. 

  1. Gunakan bot untuk bantu jawab pertanyaan dari customer 

Sebagai pemilik bisnis online, mungkin kamu sering mendapatkan sejumlah pertanyaan serupa  dari berbagai customer atau calon customer terkait dengan barang atau jasa yang dijual. Selain 

Press Release

Baca juga  Brand Advocate: Cara Buat Pelanggan Promosikan Produk Anda | Business Hack Course Eps 12

itu, mungkin juga sesekali kamu harus menghadapi komplain dari customer, padahal pesanan  yang harus kamu persiapkan sedang menumpuk, misalnya. 

Dalam situasi seperti ini, kamu tentu butuh bantuan lebih untuk dapat memberikan layanan  terbaik bagi customer-mu, baik itu berupa menjawab pertanyaan maupun menghadapi komplain dari customer.  

Nah, di Telegram, kamu bisa membuat bot otomatis sebagai fitur customer support dari bisnismu.  Misalnya, kamu bisa membuat chatbot untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering  ditanyakan. Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, kamu perlu memiliki sedikit kemampuan coding  atau bisa juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang memberikan layanan pembuatan chatbot  untuk bisnismu. 

  1. Maksimalkan fitur video call untuk meningkatkan kualitas layanan customer support dari  bisnismu

Kalau fitur chatbot dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan customer support dari bisnis  yang kamu miliki, kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan fitur video call untuk memberikan  layanan customer yang lebih baik lagi. Dengan fitur video call, kamu bisa mengadakan live Q&A bersama customer-mu di grup Telegram. Cara ini juga cukup unik untuk meningkatkan  engagement dengan customer-mu. 

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa menekan simbol chat di ujung kanan atas grup Telegram,  dan klik “Continue” untuk mengadakan video call instan. Namun, kamu juga bisa memilih opsi  “Schedule a video call” untuk menjadwalkan agenda live streaming atau live customer support untuk customer-mu di grup Telegram untuk layanan yang lebih teratur. 

  1. Tingkatkan engagement di Instagram lewat grup Telegram
Baca juga  Melalui Beasiswa Inkubator Bisnis ISDP YBSMU BSI, Bisnis Ayam Hias Berkembang

Tahukah kamu kalau di Telegram terdapat banyak grup yang khusus digunakan untuk  meningkatkan engagement bisnis di Instagram? Grup-grup ini biasanya disebut “Instagram  Engagement Groups”. Lewat grup ini, anggota grup saling menyebarkan link post Instagram ke  grup engagement, kemudian para anggota grup lainnya dapat membantu memberikan likes dan  comment pada post masing-masing. Namun, ketentuan ini tergantung pada rules atau aturan  yang telah disepakati oleh para anggota dan pemilik grup, ya. Jadi, apabila kamu berminat untuk  bergabung dengan grup engagement Instagram di Telegram, pastikan kamu sudah membaca dan  memahami aturan grup dengan baik. 

Menarik, bukan? Setelah mengetahui berbagai fitur Telegram di atas, sekarang saatnya kamu mulai  mencoba fitur-fitur tersebut untuk mengembangkan bisnis online-mu di masa pandemi. Semoga  bermanfaat!