Tingkatkan Pembelajaran Secara Online, Bahan E-learning Terus Dibenahi

39

Bandung, 11 Mei 2020 – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan sembilan dari 10 bahan ajar (modul) yang direncanakan untuk pendidikan dan pelatihan secara online.

Kepala Sub-bidang Materi dan Materi Pelatihan Sumber Daya Air I Pusdiklat SDA dan Konstruksi, Soni Senjaya Efendi, dalam forum group discussion secara online di Bandung, Senin (11/5) mengakui mengembangkan pembelajaran berbasis e-learning untuk pendidikan karakter berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bukan hal yang mudah. Banyak bahan media yang harus dipersiapkan agar esensi dari materi bisa tersampaikan sesuai harapan dari pelatihan. Karena itu pihaknya terus berbenah dalam penyiapan bahan e-learning, antara lain dengan menyediakan video interaktif Pelatihan Pejabat Inti Satuan Kerja (PISK).

Soni mengungkapkan, dari 26 modul untuk mata diklat PISK tersebut sebagian diambil dari bidang konstruksi, sebagian dibuat sendiri, sebagian dibuat oleh Pusat 4, dan sebagian lagi belum dibuat.

FGD tersebut lebih lanjut membahas mengenai beberapa video interaktif yang akan digunakan sebagai bahan ajar secara online. Video yang telah disusun nantinya diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para peserta pelatihan. Untuk itu perlu adanya penguatan dan peningkatan mutu, serta relevansi modul/bahan ajar. Video interaktif e-learning diharapkan juga bisa menjadi media pembelajaran bagi para peserta agar lebih efektif dan berkualitas. Selain bisa membantu memudahkan peserta belajar kapanpun dan dimanapun, cara pengajaran yang disampaikan oleh pengisi materi juga bisa ditonton secara berulang.

Zalora, Nike, BPSDM PUPR, Vivo, STIAMI, Kemenkes RI, Inspirational Video, Motivational Video