Umum  

Penyebab Terjadinya Kecelakaan di Km 92 Tol Cipularang

Penyebab Terjadinya Kecelakaan di Km 92 Tol Cipularang

Seremonia.id – Kecelakaan beruntun yang melibatkan 17 kendaraan di Tol Cipularang Km 92 Jkaarta terjadi pada Minggu (26/06//2022) sekitar pukul 21.00 WIB.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan di area tersebut memang rawan terjadi kecelakaan.

“Kalau dilihat dari hasil kajian ilmiah Kilometer 90-100 secara keseluruhan, pengguna kendaraan memang harus ekstrahati-hati saat melewati jalur tersebut. Kondisi jalanan menurun dengan belokan dan kontur angin membuat pengendara harus lebih hati-hati,” kata Martinus, seperti dimuat Kompas.com, Selasa (2/12/2014).

Pakar Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Ofyar Z Tamin menjelaskan kondisi jalan, kesalahan pengendara atau faktor human error juga berpengaruh dalam hal ini.

Baca juga  Komisi VII Dukung Pendekatan ‘Triple Helix’ Kemenristek Hasilkan Produk Inovasi

Tren jalan yang mulai menurun dari kilometer 100 yang ditambah dengan beban massa dari kendaraan membuat laju kendaraan bertambah semakin cepat.

Diharapkan pengemudi harus memiliki konsentrasi penuh ketika mengendalikan laju kendaraan.

“Saat mendesain dan membangun jalan ada yang disebut kecepatan rencana. Artinya, kendaraan akan aman jika melaju baik saat memasuki tikungan atau jalan menurun berada di bawah kecepatan rencana,” ujar Tamin.

Pihak kepolisian dan petugas PJR Tol Cipularang saat ini masih melakukan pendataan dan penyedlidikan terkait penyebab pasti kecelakaan beruntun ini pada Minggu (26/06/2022) malam.  Tercatat empat orang alami luka berat.