M A T A R A M – 04 Oktober 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group terus mengembangkan layanan pelaksanaan uji kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yaitu Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-ANTIGEN) tarif terjangkau Rp 35.000.
Lion Air Group menjalin kemitraan uji kesehatan dengan Klinik OneCare terpusat di Kota Mataram. RDT ANTIGEN ini akan mengakomodir calon penumpang yang berasal dari wilayah Kota Mataram, Tanjung – Kabupaten Lombok Utara, Praya – Kabupaten Lombok Tengah, Gerung – Kabupaten Lombok Barat, Selong – Kabupaten Lombok Timur dan sekitarnya.
Lokasi pengambilan dan pengujian sampel, sebagai berikut:
Klinik One Care
Jalan Sriwijaya No. 399, Punia, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) 83115
Waktu pelayanan:
∙ Senin – Sabtu pukul 08.00 – 16.30 WITA
∙ Minggu pukul 07.30 – 12.00 WITA
∙ Libur nasional – buka (tetap melayani) pukul 08.00 – 16.30 WITA
Lion Air Group bersama faskes tersebut bertujuan guna menyediakan kemudahan bagi penumpang Lion Air Group dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara, yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (LOP) Lombok, Tanak Awu, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah dan bandar udara sekitar.
Jadwal penerbangan Lion Air Group di bandar udara tersebut akan memberikan kesempatan bagi penumpang untuk melanjutkan perjalanan udara secara langsung ke Bima, Sumbawa, Denpasar dan terkoneksi ke Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Tanjung Karang-Lampung, Bandung, Yogyakarta Kulonprogo, Yogyakarta Adisutjipto, Semarang, Solo, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Balikpapan, Banjarmasin, Tarakan, Samarinda, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Kupang, Alor, Waingapu, Tambolaka, Maumere,
Labuan Bajo, Rote, Lewoleba, Larantuka, Ambon, Ternate, Morotai, Sorong, Manokwari, Jayapura, Timika, Merauke dan kota-kota lainnya.
Persyaratan RDT-ANTIGEN Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut: 1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air),
Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia; www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).
- Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket),
- Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan RDT-ANTIGEN, maka pembelian voucher RDT-ANTIGEN hingga 3 jam sebelum keberangkatan dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.
- Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan.
- Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa dikenakan biaya.
Terbang Sehat dan Aman
Fasilitas kesehatan kerjasama Lion Air Group sudah terdaftar big data – new all record (NAR) Kementerian Kesehatan. (daftar laboratorium lihat pada daftar lampiran – terpisah dari siaran berita ini).
Lion Air Group dan faskes kerjasama mendukung program pemerintah dalam pengendalian penyebaran virus korona (Covid-19) serta bagian usaha memastikan keamanan dan setiap calon penumpang dalam bepergian menggunakan pesawat udara telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
Pemberlakuan Rp 35.000 uji kesehatan RDT-ANTIGEN telah disesuaikan dengan permintaan dan dinamika pasar yang berkembang. Lion Air Group optimis, ketersediaan layanan uji kesehatan mampu memberikan nilai lebih dan mempermudah setiap calon penumpang agar bisa merencanakan perjalanan udara sehat, aman dan menyenangkan.
Uji kesehatan Covid-19 didukung tenaga medis profesional, kinerja serta tingkat kecepatan penanganan akurat, tepat waktu (real time), praktis, mudah, hemat waktu, efektif dan dikerjakan berdasarkan protokol kesehatan ketat.
Sebelum keberangkatan: calon penumpang diharapkan mengunduh (download) dan registrasi (pengisian) aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple Store atau dapat diakses https://pedulilindungi.id/ . Aplikasi ini akan menyimpan dan menunjukkan (terintegrasi) data digital (elektronik) dari setiap calon penumpang berupa:
- Hasil tes pemeriksaan RT-PCR Covid-19
- Kartu/ sertfifkat vaksinasi nasional.
Harapan terbesar pengembangan kerjasama faskes uji kesehatan dan inovasi layanan ini akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui transportasi udara, mendorong tren permintaan penerbangan, memenuhi kebutuhan pasar.
Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.
Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.
Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta komitmen Lion Air Group beroperasi senantiasa mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first) serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.