Menpora RI Pimpin Rapat Persiapan Haornas 2020 Agar Berjalan Lancar

73
Jakarta: Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 Tahun 2020 tinggal menghitung hari, yakni 9 September mendatang.

 

Demi kelancaran kegiatan peringatan ditengah pandemi, Menpora RI Zainudin Amali mengecek kesiapan dan persiapan dengan memimpin Rapat Persiapan Haornas, di Ruang Rapat Lantai 3 Graha Pemuda Senayan Jakarta Pusat, Senin (31/8) siang hingga petang hari.

 

Ada beberapa poin yang Menpora RI tekankan, pertama seluruh personil panitia yang diketuai Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta harus secara detail melaksanakan job diskripsi yang ditetapkan.”Harus jelas, siapa tugasnya apa dan melakukan apa. Secara garis besar oleh Ketua selanjutnya secara bidang per bidang dilakukan oleh para Wakil Ketua,” arahan Menpora RI.

 

Pembagian tugas yang dibebankan kepada para Wakil Ketua adalah sebagai berikut, Wakil Ketua I diemban oleh Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Suryati menangani acara, penghargaan, dan kesehatan. Wakil Ketua II yang juga menjabat Sekretaris Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Marheni Dyah Kusumawati menangani keuangan dan pelaporan, sekretariat, akomodasi dan konsumsi.

 

Adapun Tenaga Ahli Menteri Uden Kusumawijaya sebagai Wakil Ketua III membidangi hubungan antar lembaga, publikasi, dokumentasi, promosi, protokol, dan pra even. Sedangkan Wakil Ketua IV yang membidangi sarana dan perlengkapan, prasarana, transportasi, serta keamanan diemban oleh Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Subroto.

 

Selain itu karena ini situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 penerapan Protokol Kesehatan harus menjadi titik perhatian paling serius. GOR POPKI Cibubur yang akan dijadikan pusat peringatan harus disurvei langsung untuk memastikan kapasitas daya tampung seiring dengan jaga jarak yang diperlukan. “Tidak cukup dengan gambaran layout, besuk kita survei lokasi untuk memastikan kapasitas berapa orang yang bisa ada di dalam, setelah itu baru ditentukan siapa saja orangnya,” tegasnya.

 

Perlu diketahui bahwa Peringatan Haornas tahun ini diselenggarakan secara virtual ditambah kehadiran terbatas secara protokol ketat. Presiden RI Joko Widodo direncanakan hadir secara daring dari Istana, dan mengundang seluruh Gubernur yang akan mengikuti secara online dari Rumah Dinas atau Kantor Dinas masing-masing.

Kemenlu RI, Kementrian PUPR RI, Kemenperin RI, Kemenpora RI, Kementan RI, UPH, HP.Inc, IDBYTE, BUBU.com, Startupindonesia.co, Inspirational Video, Motivational Video