Event, Umum  

Mendorong Pembelian Melalui Penawaran Khusus, Halal Fair-Halal Indonesia International Trade Show 2023 Ramai Dikunjungi

Jakarta, 9 Desember 2023 – Pada hari kedua pelaksanaan Halal Fair Series yang berkolaborasi dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS), lebih dari dua puluh ribu pengunjung menyemarakkan acara tersebut. Mereka bersemangat dalam mencari produk muslim berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri serta mengikuti serangkaian workshop dan seminar bisnis.

Halal Fair – HIITS 2023 yang diadakan oleh Wahyu Promo Citra selama tiga hari hingga Ahad, 10 Desember 2023, di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang, Banten, berhasil menarik minat 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri. Negara-negara seperti Malaysia, Palestina, Tunisia, Jepang, Arab Saudi, Mali, dan Sudan menjadi bagian dari acara tersebut.

Selain menjadi puncak acara tahun ini, Halal Fair – HIITS 2023 juga mendukung tujuan Indonesia sebagai hub global untuk pasar, industri, dan ekosistem halal pada tahun 2024. Tito Maulana, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta, mengungkapkan bahwa Halal Fair – HIITS menjadi platform bagi kerja sama perdagangan antarnegara Muslim, terutama dalam mengembangkan UMKM halal yang unggul.

Baca juga  Penerbangan Lion Air Kemudahan Layanan Rapid Test Antigen Covid-19 Pertama di Kabupaten BANJAR, Dekat Kota Banjarmasin

Para exhibitor dari luar negeri menyaksikan antusiasme besar terhadap produk halal di Indonesia selama acara tersebut berlangsung.

Dr. Zuraini Hasanuddin, CEO GEO Artha International (M) Sdn. Bhd., yang merupakan pemimpin delegasi Malaysia untuk Halal Fair – HIITS 2023, menyatakan optimisme akan peningkatan volume penandatanganan kontrak dan transaksi dagang signifikan antara eksportir Malaysia dengan pembeli Indonesia.

Paviliun Produk UMKM Halal Malaysia menjadi perwakilan terbanyak dari luar negeri dengan melibatkan 48 delegasi pelaku usaha UMKM Malaysia yang membawa sekitar 80 produk unggulan, didukung oleh pemerintah Kerajaan Selangor.

Zuraini menjelaskan bahwa para exhibitor dari Malaysia sedang mencari potential buyers dan importir untuk memasarkan produk-produk UMKM halal mereka di Indonesia. Mereka menargetkan transaksi dagang hingga lebih dari RM 5 juta (sekitar Rp16,7 miliar).

Baca juga  Pertamina Geothermal Energy Catat Pertumbuhan Laba dan Pendapatan Saat Tutup Semester I 2023

Zuber bin HJ. Bakri, Presiden World Islamic Marketing & Trade Chamber (WIMTC), menggarisbawahi pentingnya konektivitas antarnegara bagi UMKM untuk memasarkan produk halal unggulannya. Ia menegaskan bahwa business matching dan pameran semacam ini memiliki peran vital dalam mengangkat UMKM ke tingkat yang lebih tinggi.

Produk dari pelaku usaha UMKM Indonesia dalam berbagai sektor, seperti consumer goods, hortikultura, perkebunan, furniture, hingga kosmetik halal berbahan dasar kayu Gaharu, menarik minat para importir Malaysia.

Komunitas Palestina melalui stan pamerannya juga turut serta dalam pameran Halal Fair – HIITS dengan mengenalkan sejarah, budaya, serta berbagai produk asli Palestina. Produk makanan, kurma, minyak zaitun, serta souvenir khas Palestina ditawarkan dengan harga terjangkau.

Ada pula stan dari Tunisia dan Arab Saudi yang menampilkan produk kurma, kismis, kacang, dan promosi menarik lainnya.

Baca juga  Signify capai netralitas karbon dan menetapkan arah untuk menggandakan dampak positifnya terhadap lingkungan dan masyarakat

Sementara itu, pameran tersebut juga menampilkan beragam produk lainnya, seperti makanan kucing halal, produk skincare alami, fashion muslimah, propperti, pesantren, serta layanan umroh, semuanya disajikan dengan diskon khusus atau hadiah menarik bagi pengunjung. Di antara berbagai penawaran tersebut, terdapat diskon produk, hadiah lucky draw, dan juga undian umroh gratis.

Halal Fair juga menawarkan seminar gratis bertema tampil cantik natural tanpa bahaya krim abal – abal dan krim racikan yang tak terstandar bersama pendiri Mahveen, dr. Adesty, pada Minggu, 10 Desember 2023, pukul 10:30 – 11:45 WIB.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri