Melalui ShopeePilihLokal Shopee Luncurkan Fitur Terbaru Guna Mengangkat Produk Lokal

Jakarta, 19 April 2021 – Shopee Indonesia kembali hadir dengan fitur terbaru #ShopeePilihLokaI, wadah khusus produk lokal unggulan untuk mendorong dukungan pembeli terhadap brand dan UMKM lokal melalui promosi dan diskon menarik. Dalam fitur ini akan terdapat rangkaian promosi dan diskon khusus produk-produk lokal untuk mendorong penjualannya.

Melalui #ShopeePilihLokal, Shopee bersama para Pelaku Usaha Lokal berupaya meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap produk lokal unggulan serta kesadaran akan pentingnya peran masyarakat dalam pergerakan perekonomian Indonesia.

Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia mengatakan, “Shopee berkomitmen untuk turut serta dalam merealisasikan program pemerintah untuk mendorong keberlangsungan pelaku usaha lokal di Indonesia, yang tidak hanya untuk eksistensi karya lokal tanah air, tetapi juga secara tidak langsung mendorong perputaran roda ekonomi nasional.

Dalam rangkaian kampanye Shopee Big Ramadhan Sale, hal ini kami realisasikan melalui fitur #ShopeePilihLokal yang sejalan dengan program pemerintah Bangga Buatan Indonesia. Kami berharap fitur ini dapat memberikan kesempatan bagi pelaku usaha lokal menunjukan karyanya dan mempermudah masyarakat Indonesia mengenal lebih jauh ragam produk lokal berkualitas di Shopee.”

Seiring kemajuan zaman, potensi produk lokal semakin berkembang khususnya dalam ragam varian serta harga yang ditawarkan. Hal ini juga tercermin pada animo yang tinggi terhadap para pelaku usaha dimana penjual usaha lokal mendominasi dengan 97% penjualan barang di Shopee. Pengguna memanfaatkan untuk  memenuhi kebutuhan dari kategori terfavorit seperti;

Kategori Kecantikan; pengguna banyak memanfaatkan rangkaian penawaran menarik untuk berbelanja produk produksi lokal paling favorit seperti Serum Wajah, Tabir Surya dan Lipstik.

Kategori Fashion; Hijab, Celana dan Sepatu menjadi produk paling banyak dicari.

Dalam Kategori Perlengkapan Rumah, Rak buku dan Lampu Dekorasi menjadi produk-produk lokal yang paling banyak dibeli.

Dalam #ShopeePilihLokal pengguna menikmati rangkaian penawaran seperti Diskon S/D 80% dan Voucher 50% untuk ragam pilihan produk lokal dari berbagai kategori dalam satu destinasi, antara lain:

Promo terbaik dari brand lokal unggulan seperti Somethinc, Erigo, Scarlett Whitening, Roughneck 1991, Screamous, AdorableProjects dan masih banyak lagi

Produk-produk eksklusif hasil kolaborasi spesial dari Shopee bersama brand-brand lokal terbaik antara lain seperti Brodo, Visval, Rough Roughneck, Geoff Max, dan masih banyak lainnya dengan diskon hingga 70%

Berbagai produk unggulan UMKM, mulai dari koleksi pilihan dimana di dalam nya terdapat Produk Lokal Viral, Produk Artisan dan Semua di bawah 99RB serta rangkaian produk UMKM yang terdapat dalam program Lokal Go Global

Inisiatif ini didukung dengan diskusi yang diadakan dalam acara “Media Gathering: Unjuk Karya Produk Lokal #ShopeePilihLokal” bersama 2 representasi pelaku usaha lokal yang ikut berpartisipasi dalam #ShopeePilihLokal yaitu Dian Fiona, Co-Founder JINISO dan Irene Ursula, Founder Somethinc. Kedua pembicara ini berdiskusi tentang perjalanan bisnis lokal mereka serta peran dan solusi yang dihadirkan oleh #ShopeePilihLokal dalam keberlangsungan bisnis yang dijalani.

Irene Ursula, Founder Somethinc mengatakan, “Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat khususnya terhadap produk lokal bukanlah hal yang mudah khususnya dalam kategori kecantikan. Dengan hadirnya #ShopeePilihLokal, fitur ini sangat memberikan kemudahan bagi kami para pelaku usaha lokal yang masih merintis khususnya dalam pemberian eksposur yang luar biasa, sehingga kami bisa memfokuskan peningkatan kualitas dan inovasi produk.”

Dian Fiona, Co-Founder JINISO menambahkan, “Salah satu tantangan yang sering ditemukan oleh konsumen Indonesia adalah kesulitan dalam mencari nama produk ataupun brand. Tak kenal maka tak sayang. Dengan hadirnya inisiatif ini, masyarakat dapat dengan mudah menemukan wadah yang didedikasikan untuk semua rangkaian pilihan produk lokal.

Semoga inisiatif ini juga dapat menjadi semangat untuk terus berjuang dan bersama gerakan roda perekonomian Indonesia.”

“#ShopeePilihLokal merupakan inisiatif yang dapat memberikan solusi untuk memperkuat eksistensi karya produk lokal di dalam negeri khususnya dengan kemudahan yang diberikan tidak hanya bagi pelaku usaha lokal tetapi juga pengguna. Hal ini menjadi langkah awal yang penting untuk mengembangkan bisnis dan bersaing di pasar dunia. Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat mengajak masyarakat untuk mencintai produk Indonesia. Karena kalau bukan kita yang cinta produk negara kita sendiri, siapa lagi?” tutup Muhammad Sadad, CEO Erigo.

Pengguna juga dapat mendukung pelaku usaha lokal dengan menikmati penawaran serta program terbaik untuk rangkaian pilihan produk lokal dalam kampanye Big Ramadhan Sale yang berlangsung hingga 5 Mei 2021 dengan memanfaatkan COD Gratis Ongkir RP 0, Goyang Berkah 10M dan Koleksi Murah Lebay.