Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga Menggelar Pengobatan Gratis Di Masyarakat Tegiri 1

0 32

Salah satu tugas kampus yaitu melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, kalangan akademisi memecahkan problem masyarakat sehari-hari baik dalam hal pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan.

Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga Kelompok 13 Menggelar Pengobatan Gratis pada Masyarakat di Dusun Tegiri 1, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta, hal ini merupakan bentuk Pengabdian Langsung pada Masyarakat di Dusun Tegiri 1 pada hari Minggu 29 Juli 2018.

Kepala Dukuh Tegiri 1, Pak Purwoko sangat mendukung terhadap program kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa/I KKN UIN Sunan Kalijaga di Tegiri 1, masyarakat juga sangat antusias terhadap digelarnya acara ini dengan banyak sekali masyarakat yang hadir untuk berobat di acara Pengobatan Gratis ini.

“Masyarakat Tegiri 1 mengapresiasi kegiatan yang telah diselenggarakan oleh mahasiswa KKN karena sangat terbantu dan semoga kegiatan pengobatan gratis ini dapat berjalan di KKN UIN Sunan Kalijaga tahun berikutnya,” Kata Purwoko.

Ketua KKN Kelompok 13 Deden Wahyudi menyampaikan program ini harapannya dapat bermanfat bagi masyarakat terutama Ibu-ibu dan Lansia yang sangat membutuhkan pengobatan gratis ini.

Sasaran dari Pengobatan Gratis ini adalah Ibu-Ibu dan lansia yang tergabung dalam kelompok Kader Lansia, tiap-tiap RT se-Tegiri 1 mengirimkan perwakilan dari Kader Lansia dan Masyarakat yang ada di RT tempat tinggalnya yang memenuhi kriteria untuk pengobatan Gratis ini sesuai kuota yang telah ditentukan.

Pengobatan meliputi pengecekan Berat Badan, Tensi, dan keluhan yang dialami oleh pasien itu sendiri, dengan dibantu Petugas Puskesmas Kokap untuk membantu pengecekan pasien, tersedia 40 macam jenis obat yang disediakan untuk melayani masyarakat Tegiri 1.

English English Indonesian Indonesian