Lion Air Group Tawarkan Layanan RT-PCR Rp 380.000 dan RDT-ANTGEN Rp 35.000

M E D A N – 21 Agustus 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik  Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menginformasikan perkembangan terkini, bahwa  bersama fasilitas kesehatan Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) dan Mitra Medika, efektif Senin (23/ 08)  memperluas jaringan uji kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Reverse Transcription-Polymerase  Chain Reaction (RT-PCR) dan Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-ANTIGEN).  

Lion Air Group bersama DDSM dan Mitra Media menawarkan pilihan terbaru untuk voucher uji kesehatan,  sebagai berikut 

Read More
  1. RT-PCR Rp 380.000
  2. RDT-ANTIGEN Rp 35.000

Total lokasi layanan (outlet service) untuk pengambilan sampel menjadi: 11 yang berlokasi strategis. Lion Air  Group dan fasilitas kesehatan akan terus memperkuat jaringan dalam upaya mengakomodir kebutuhan  setiap calon penumpang untuk harga uji kesehatan yang disesuaikan, mempermudah calon penumpang  guna mempersiapkan rencana penerbangan sesuai ketentuan yang berlaku. 

RDT-ANTIGEN Rp 35.000 & RT-PCR Rp 380.000 

  1. Rumah Sakit Umum Siti Hajar DDSM

Jalan Jamin Ginting No.2, Merdeka, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20222 Waktu pelayanan:  

Setiap hari selama 24 jam 

Libur nasional – buka (tetap melayani 24 jam) 

  1. Rumah Sakit Mitra Medika Amplas

Jalan Sisingamangaraja No.11, Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara  20148 

Waktu pelayanan:  

Setiap hari selama 24 jam 

Libur nasional – buka (tetap melayani 24 jam)

Jalan Medan – Batang Kuis Dusun XI Emplasmen, Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan,  Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371 

Waktu pelayanan:  

Setiap hari selama 24 jam 

Libur nasional – buka (tetap melayani 24 jam) 

  1. Rumah Sakit Umum Mitra Medika

Jalan Kol. Yos Sudarso No.KM. 7,5, Tj. Mulia, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara  20241 

Waktu pelayanan:  

Setiap hari selama 24 jam 

Libur nasional – buka (tetap melayani 24 jam) 

  1. RSU. Wulan Windy

Jalan Marelan Raya No.17, Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara  20255 

Waktu pelayanan:  

Setiap hari selama 24 jam 

Libur nasional – buka (tetap melayani 24 jam) 

  1. Rumah Sakit Rasyida Siantar DDSM

Jalan Seram No.5B, Bantan, Kecamatan Siantar Baru, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 21111 Waktu pelayanan:  

Setiap hari – 24 jam 

Libur nasional – buka (tetap melayani 24 jam) 

  1. Klinik Pratama Aksara

Jalan Aksara No. 151A Pahlawan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara 20224 Waktu pelayanan:  

Setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB 

Libur nasional – buka (tetap melayani) pukul 08.00 – 18.00 WIB 

  1. Klinik Griya Medical Center

Jalan Kapten Muslim No.43 B, Helvetia Tengah, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara  20117 

Waktu pelayanan:  

Setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB 

Libur nasional – buka (tetap melayani) pukul 08.00 – 18.00 WIB 

  1. Klinik Helvetia VII

Jalan Soekarno Hatta No.18, Timbang Langkat, Kec. Binjai Tim., Kota Binjai, Sumatera Utara 20731 Waktu pelayanan:  

Setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB 

Libur nasional – buka (tetap melayani) pukul 08.00 – 18.00 WIB

Jalan Sisingamangaraja No.7, Simpang Limun, Siti Rejo I, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan,  Sumatera Utara 20216 

Waktu pelayanan

Senin – Sabtu pukul 09.00 – 17.00 WIB  

Minggu dan libur nasional pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB 

  1. Klinik Citra Medika 3

Jalan Dusun IV No.409, Limau Manis, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara  20362  

(jarak klinik dengan Simpang Kayu Besar Kualanamu 1.8 KM) 

Waktu pelayanan

Senin – Sabtu pukul 09.00 – 17.00 WIB  

Minggu dan libur nasional pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB 

Tujuan kerjasama ini ialah dalam upaya membantu dan menawarkan kemudahan kepada setiap calon  penumpang Lion Air Group dalam mempersiapkan kelengkapan dokumen sebagai syarat perjalanan udara  melalui keberangkatan dari bandar udara terdekat yakni Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli  Serdang (KNO).

Melalui salah satu pintu masuk ke Sumatera Utara itu, Lion Air Group menawarkan pilihan rute penerbangan  secara langsung dan terhubung (connecting flight) ke Jakarta (Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di  Tangerang dan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma), Banda Aceh, Lhokseumawe, Meulaboh,  Gunung Sitoli, Silangit-Siborong-Borong, Batam, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Dumai, Natuna,  Letung Anambas, Palembang, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Tanjung Karang-Lampung, Tanjung Pandan,  Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Tarakan, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado,  Bandung, Semarang, Yogyakarta Kulonprogo, Surabaya, Denpasar, Lombok, Labuan Bajo, Kupang,  Tambolaka, Rote, Sorong, Manokwari, Jayapura, Timika, Merauke dan destinasi lainnya. 

Hasil uji akan keluar (selesai) rata-rata 1×24 jam setelah sampel RT-PCR diterima oleh laboratorium. Pelaksanaan pemeriksaan (pengujian) sampel terpusat di laboratorium terafiliasi Kementerian Kesehatan.  1. C. 626 Laboratorium RS Mitra Medika Medan Amplas.  

  1. C.779 Laboratorium RSU Siti Hajar Kota Medan

Kemitraan Lion Air Group dengan jejaring fasilitas kesehatan akan mendorong percepatan pemulihan  ekonomi melalui transportasi udara, membangun kembali tren permintaan penerbangan sejalan dengan  kesungguhan Lion Air Group dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi  unsur-unsur keselamatan, keamanan penerbangan dan dijalankan sebagaimana pedoman protokol  kesehatan. 

Terbang itu Sehat dan Aman

Lion Air Group dan faskes kerjasama mendukung program pemerintah guna memastikan syarat  penerbangan setiap calon penumpang dalam bepergian menggunakan pesawat udara terpenuhi sejalan  menekan laju (pengendalian) penyebaran virus korona (Covid-19).  

Pelaksanaan uji kesehatan tetap berjalan menurut pedoman protokol kesehatan. Lion Air Group bersama  fasilitas kesehatan (faskes) berupaya mengakomodir kebutuhan calon penumpang dengan tingkat  kecepatan penanganan uji kesehatan, akurat, praktis, mudah, hemat waktu dan efektif.

Persyaratan RDT-ANTIGEN dan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut: 1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings  Air dan Batik Air), 

Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan  Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia;  www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket  Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA)

  1. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket), 
  2. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan  RDT-ANTIGEN atau RT-PCR, maka pembelian voucher RDT-ANTIGEN atau RT-PCR dengan  menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor  penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel)  dan lainnya. 
  3. Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring  fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa  dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan.
  4. Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan 1×24 jam sebelum keberangkatan. Apabila  pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan),  maka voucher tidak berlaku. 
  5. Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses  perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa  dikenakan biaya. 

Terbang Mudah dan Nyaman: Digitalisasi Secara Bertahap

Data hasil RT-PCR di laboratorium disimpan dalam big data Kementerian Kesehatan yaitu New All Record  (NAR). NAR akan terkoneksi PeduliLindungi. Aplikasi ini akan menyimpan dan menunjukkan (terintegrasi) data digital (elektronik) dari setiap calon penumpang berupa: 

  1. Hasil tes pemeriksaan RT-PCR Covid-19 
  2. Kartu/ sertfifkat vaksinasi nasional

Tujuan digitalisasi dapat memberi rasa nyaman dan aman kepada setiap penumpang, karena: 1. Berfungsi guna pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan, sehingga calon penumpang lebih  praktis dan mudah, cukup dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi

  1. Mempercepat waktu proses verifikasi,  
  2. Mencegah dan meminimalisir hal yang tidak diinginkan seperti tindakan pemalsuan hasil uji  kesehatan atau sertifikat vaksin,  
  3. Protokol kesehatan terjaga dan diimplementasikan dengan baik (tidak perlu berdesakkan ketika  melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan). 

Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan bersinergi dalam mendukung program digitalisasi PeduliLindungi yang dikembangkan seiring membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan dan upaya  menghentikan (pengendalian) penyebaran Covid-19 seiring penguatan 3T (Test, Tracing, Treatment).  

Sebelum keberangkatan: calon penumpang diharapkan mengunduh (download) dan registrasi (pengisian)  aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple  Store atau dapat diakses https://pedulilindungi.id/ Sebagai informasi, Kartu kewaspadaan kesehatan  elektronik (electronic Health Alert Card – eHAC) atau Aplikasi Elektronic Health Alert Card (e-HAC)  Kementerian Kesehatan telah terintegrasi (menyatu) ke dalam Sistem informasi Satu Data Covid-19 PeduliLindungi (sesuai Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/847/2021 tentang  Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi  PeduliLindungi).

Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat.  HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis  virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga  lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat. 

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode  Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic  (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.  

Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada  pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta  komitmen Lion Air Group dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan  kenyamanan penerbangan (safety first) serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan. 

Related posts

Leave a Reply