Lion Air Group dan Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) Kerjasama RDT-ANTIGEN

B A N D A R L A M P U N G – 08 November 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode  penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group terus mengembangkan  layanan pelaksanaan uji kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yaitu  

“Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-ANTIGEN) tarif terjangkau Rp 35.000“ 

Lion Air Group bersama Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) meluncurkan lokasi dan layanan uji  kesehatan terbaru di Batam, Kepulauan Riau; Bandar Lampung, Lampung dan Makassar, Sulawesi Selatan. 

Layanan 4 (empat) lokasi terbaru RDT-ANTIGEN efektif mulai berlaku pada Senin (08/ 09) mulai  mengakomodir kebutuhan calon penumpang, sebagai berikut: 

  1. Klinik Utama Panacea DDSM

RDT-ANTIGEN Rp 35.000  

Jalan Tiban Bukit Asri Blok A No. 1 – 5, Tiban Baru, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau 29424 No. Telp. (0778) 801 3000 dan 083184039788 

Waktu operasional: 

Setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WIB 

Libur nasional – buka (tetap melayani) pukul 07.00 – 22.00 WIB 

  1. RSIA Bunda Asy-Syifa DDSM

RDT-ANTIGEN Rp 35.000 

Jalan Dokter Susilo No.54, Pahoman, Engal, Kota Bandar Lampung, Lampung 35212 No. Telp. (0721) 256256 

Waktu operasional: 

Setiap hari 24 jam 

Libur nasional – buka (tetap melayani) 24 jam

Jalan Wijaya Kusuma No.8, Banta-Bantaeng, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi  Selatan 90222 

No. Telp.: 082188190197 

Waktu operasional: 

Setiap hari pukul 09.00 – 21.00 WITA 

Libur nasional – buka (tetap melayani) pukul 09.00 – 21.00 WITA 

Pemberlakuan tarif terjangkau RDT-ANTIGEN Rp 35.000 di lokasi terbaru uji kesehatan telah disesuaikan  dengan permintaan dan dinamika pasar yang berkembang. Lion Air Group optimis, ketersediaan layanan uji  kesehatan mampu memberikan nilai lebih dan kemudahan setiap calon penumpang agar bisa merencanakan perjalanan udara sehat, aman dan menyenangkan, sebagaimana ketentuan dan persyaratan penerbangan  yang diberlakukan. 

Lion Air Group bersama faskes tersebut bertujuan guna menyediakan kemudahan bagi penumpang di  lingkup kota-kota tersebut dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara,  yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui keberangkatan dari: 

  1. Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepualuan Riau (BTH),
  2. Bandar Udara Radin Inten II Tanjung Karang, Lampung (TKG),
  3. Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Sulawesi Selatan (UPG).

Dalam menjawab kebutuhan perjalanan udara, Lion Air Group di bandar udara tersebut menawarkan pilihan  penerbangan yang akan memberikan kesempatan bagi penumpang guna melanjutkan perjalanan udara  secara langsung dan terkoneksi kota-kota lainnya. 

Persyaratan RDT-ANTIGEN Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut: 1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings  Air dan Batik Air), 

Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia;  www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket  Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA)

  1. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket), 
  2. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan  RDT-ANTIGEN, maka pembelian voucher RDT-ANTIGEN hingga 3 jam sebelum keberangkatan  dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor  penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel)  dan lainnya. 
  3. Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring  fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa  dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan.
    1. Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses  perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa  dikenakan biaya. 

    Terbang Sehat dan Aman

    Fasilitas kesehatan kerjasama Lion Air Group sudah terdaftar big data – new all record (NAR) Kementerian  Kesehatan. (daftar laboratorium lihat pada daftar lampiran – terpisah dari siaran berita ini). 

    Uji kesehatan Covid-19 didukung tenaga medis profesional, kinerja serta tingkat kecepatan penanganan  akurat, tepat waktu (real time), praktis, mudah, hemat waktu, efektif dan dikerjakan berdasarkan protokol  kesehatan ketat. 

    Sebelum keberangkatan: calon penumpang diharapkan mengunduh (download) dan registrasi (pengisian)  aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple  Store atau dapat diakses https://pedulilindungi.id/ . Aplikasi ini akan menyimpan dan menunjukkan  (terintegrasi) data digital (elektronik) dari setiap calon penumpang berupa: 

    1. Hasil tes pemeriksaan Covid-19 
    2. Kartu/ sertfifkat vaksinasi nasional.  

    Harapan terbesar pengembangan kerjasama faskes uji kesehatan dan inovasi layanan ini akan mendorong  percepatan pemulihan ekonomi melalui transportasi udara, mendorong tren permintaan penerbangan,  memenuhi kebutuhan pasar. 

    Lion Air Group dan faskes kerjasama mendukung program pemerintah dalam pengendalian penyebaran virus  korona (Covid-19) serta bagian usaha memastikan keamanan dan setiap calon penumpang dalam bepergian  menggunakan pesawat udara telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan.  

    Sistem Sirkulasi Udara Terjaga Baik

    Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat.  HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus,  kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih  segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat. 

    Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode  Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic  (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.  

    Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada  pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta  komitmen Lion Air Group beroperasi senantiasa mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan  kenyamanan penerbangan (safety first) serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.