J A M B I – 03 Desember 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menginformasikan perkembangan terkini, bahwa mulai Selasa (07/ 12) bersama 2 (dua) fasilitas kesehatan di Jambi meluncurkan layanan uji kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tarif terjangkau:
- Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-ANTIGEN) Rp 35.000
- Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Rp 225.000
Lokasi pengambilan sampel dilaksanakan di:
- Rumah Sakit Mitra
RT-PCR Rp 225.000
Jalan Jend. Basuki Rahmat, Paal Lima, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36129 Telp. 0741 3041355
Waktu pelayanan:
∙ Senin – Sabtu pukul 09.00 – 11.00 WIB
∙ Minggu dan libur nasional – tutup (tidak melayani)
∙ Wajib mengisi pendaftaran H-1 pengambilan sampel, melalui tauran (link) https://linktr.ee/PCRMITRAJAMBI
Pengujian (pemeriksaan) sampel RT-PCR di laboratorium: C.845 Laboratorium RS Mitra Jambi. Terdaftar Jejaring Pemeriksa Covid-19 dengan status aktif aplikasi New-all Record (NAR), Kementerian Kesehatan.
- Klinik Pratama Valencia
RDT-ANTIGEN Rp 35.000
RUKO VALENCIA Blok C No.9 (sebelah UNJA MENDALO)
Jalan Lintas Tembesi-Jambi, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jaluko, Muaro Jambi, Jambi 36657 Telp. 081229711752
Waktu pelayanan:
∙ Setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB
∙ Libur nasional – tutup (tidak melayani)
Penyelenggaraan RT-PCR tetap berjalan sebagaimana pedoman protokol kesehatan, sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air Group dan fasilitas kesehatan, terjangkau untuk satu kali RT-PCR, masa berlaku menurut ketentuan yang telah diterbitkan dan diberlakukan saat ini. Hasil uji setelah pengambilan sampel RT-PCR akan keluar (selesai) rata-rata 12-24 jam.
Persyaratan RDT-ANTIGEN dan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut: 1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air),
Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia; www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).
- Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket),
- Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan RDT-ANTIGENatau RT-PCR, maka dapat melakukan pembelian voucher RDT-ANTIGENhingga 3 jam sebelum keberangkatan dan RT-PCR hingga 30 jam sebelum keberangkatan dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.
- Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan.
- Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Apabila pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan), maka voucher tidak berlaku.
- Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa dikenakan biaya.
Terbang Sehat dan Aman
Uji kesehatan Covid-19 didukung tenaga medis profesional, kinerja serta tingkat kecepatan penanganan akurat, tepat waktu (real time), praktis, mudah, hemat waktu, efektif dan dikerjakan berdasarkan protokol kesehatan ketat.
Pemberlakuan voucher terbaru uji kesehatan telah disesuaikan dengan permintaan dan dinamika pasar yang berkembang. Lion Air Group optimis, ketersediaan layanan uji kesehatan mampu memberikan nilai lebih dan kemudahan setiap calon penumpang agar bisa merencanakan perjalanan udara sehat, aman dan menyenangkan.
Layanan ini pertama di Provinsi Jambi, khususnya mengakomodir kebutuhan calon penumpang dari Kota Jambi, Kota Sungaipenuh, Kabupaten Tebo, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Merangin, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Bungo, Kabupaten Batanghari dan lainnya.
Lion Air Group bersama faskes tersebut bertujuan guna menyediakan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara, yang akan bepergian menggunakan pesawat udara melalui keberangkatan dari Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin (DJB) dan bandar udara sekitar.
Lion Air Group di bandar udara tersebut menawarkan pilihan penerbangan yang akan memberikan kesempatan bagi penumpang untuk melanjutkan perjalanan udara secara langsung dan terkoneksi ke Muara
Bungo, Kerinci (intra-Jambi), Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Natuna, Bengkulu, Palembang, Tanjung Karang, Pangkalpinang, Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta Kulonprogo, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Palangkaraya, Samarinda, Balikpapan, Berau, Tarakan, Banjarmasin, Makassar, Manado, Kendari, Ternate, Ambon, Sorong, Jayapura, Manowkari, Merauke dan kota-kota lainnya.
Sebelum keberangkatan: calon penumpang diharapkan mengunduh (download) dan registrasi (pengisian) aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple Store atau dapat diakses https://pedulilindungi.id/ . Aplikasi ini akan menyimpan dan menunjukkan (terintegrasi) data digital (elektronik) dari setiap calon penumpang berupa:
- Hasil tes pemeriksaan RDT-ANTIGEN atau RT-PCR Covid-19
- Kartu/ sertfifkat vaksinasi nasional.
Lion Air Group dan faskes kerjasama mendukung program pemerintah dalam pengendalian penyebaran virus korona (Covid-19) serta bagian usaha memastikan keamanan dan setiap calon penumpang dalam bepergian menggunakan pesawat udara telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
Harapan terbesar pengembangan kerjasama faskes uji kesehatan dan inovasi layanan ini akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui transportasi udara, mendorong tren permintaan penerbangan, memenuhi kebutuhan pasar.
Fasilitas RT-PCR akan memberikan nilai lebih serta sebagai solusi bagi calon penumpang berlokasi strategis di berbagai kota di Indonesia. (lihat pada daftar lampiran – terpisah dari siaran berita ini).
Lion Air Group tengah mengembangkan dan mempersiapkan jejaring uji kesehatan di Yogyakarta, Semarang, Palembang serta kota-kota lainnya.
Sistem Sirkulasi Udara Terjaga Baik
Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.
Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.
Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta komitmen Lion Air Group beroperasi senantiasa mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first) serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.