Kementerian Luar Negeri terima penghargaan “Pemimpin Perubahan” dalam Pembangunan Zona Integritas

3
Jakarta, Indonesia – Kementerian Luar Negeri menerima penghargaan “Pemimpin Perubahan” pada acara “Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)”.
Wamenlu RI, Mahendra Siregar menerima penghargaan tersebut secara langsung dari Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin di Hotel Bidakara, Jakarta pada hari Selasa, 10 Desember 2019.

 

 

Dalam sambutannya, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa pembangunan Zona Integritas merupakan miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia.

 

Untuk tahun ini, 8 unit kerja Kemenlu menerima penghargaan yang menunjukan bahwa pembangunan Zona Integritas di Kemenlu semakin kuat. Demikian pula diharapkan nilai indeks Reformasi Birokrasi Kemenlu akan semakin meningkat.

 

Dibanding tahun 2018, jumlah apresiasi untuk unit di Kemlu naik secara signifikan dari 4 menjadi 8 unit Kerja, ​yaitu Museum Konferensi Asia Afrika; KJRI Jeddah, Arab Saudi; KJRI Kuching, Malaysia; KJRI Osaka, Jepang; dan KJRI Sydney, Australia untuk apresiasi WBK. Tiga unit kerja lainnya, yaitu KBRI Seoul, Korea Selatan; KJRI Hong Kong, Tiongkok; dan KJRI Kota Kinabalu, Malaysia mendapatkan apresiasi WBBM.​

 

 

Predikat WBK/WBBM tersebut dianugerahkan kepada 506 unit kerja di berbagai Kementerian, Lembaga, Kepolisian dan Pemerintah Daerah. Sejak tahun 2014 hingga 2019, secara total sudah berhasil dibangun 57 WBBM dan 778 WBK di seluruh Indonesia.

 

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada kementerian dan/atau lembaga yang telah berhasil berkomitmen untuk melakukan percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Hotel Santika Premiere Bintaro, Signify, Allianz Indonesia, Zalora, Vivo, Aviary Bintaro, Huawei, AMD-MSI, Batik Air, Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian PUPR RI, Inspirational VIdeo, Motivational VIdeo