IFBC 2019 “Gelora Wirausaha Nasional”, Cara Mudah Menjadi Millenialpreneur

Wirausaha (entrepreneur) memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sejalan dengan semangat tersebut, pameran Nasional Info Franchise & Business Concept 2019 (IFBC 2019) kembali hadir di penghujung tahun ini pada 22-24 November 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Menghadirkan lebih dari 100 merek franchise & peluang usaha terkini. Di pameran ini terdapat berbagai referensi usaha unik ‘jaman now’, serta untuk melengkapi edukasi mengenai kewirausahaan, diselenggarakan seminar waralaba nasional terbuka untuk umum, apresiasi penghargaan waralaba, workshop digital marketing, kelas komunitas hingga motivasi bisnis yang mampu membakar semangat berwirausaha.

 

Road Show Nasional Info Franchise dan Business Concept 2019 (IFBC) yang bertema “Gelora Wirausaha Nasional” menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi pengusaha dengan memilih ragam referensi peluang bisnis (franchise, peluang usaha, distributor, keagenan atau kemitraan) melalui sarana Pameran di 5 kota besar di Indonesia. Diselenggarakan oleh Asosiasi Franchise Indonesia dan Neo Promosindo, kegiatan ini telah memasuki tahun ke-13, rangkaian pameran ini secara rutin telah hadir di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan akan kembali diselenggarakan di Jakarta pada akhir November 2019. Pameran IFBCdiselenggarakan sejak tahun 2005 dengan kegiatan Info Franchise Expo, dan semenjak tahun 2007 terselenggara dalam bentuk roadshow di beberapa kota besar di Indonesia. IFBC 2019 Jakarta kali ini merupakan pameran franchise dengan frekuensi ke-153. Seiring berjalannya waktu, kegiatan pameran franchise kami bertransformasi nama menjadi Info Franchise & Business Concept Expo untuk menjangkau spektrum bisnis secara lebih luas.

Kegiatan ini turut mengundang Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Gubernur DKI Jakarta untuk membuka pameran IFBC 2019, dimana pada seremoni ini akan dilaksanakan pemberian “Penghargaan Khusus AFI” (Asosiasi Franchise Indonesia) kepada pelaku usaha waralaba nasional dengan tema ‘Inspiring Franchise Leader’, Best Emerging Business Opportunities, Celebpreneur of the year. Seremoni Pembukaan Pameran akan dilaksanakan pada Jumat 22 November 2019 pukul 10.00 wib.

Baca juga  Revitalisasi UKM Jadi Kata Kunci Investree Adakan Investree Conference 2021 Guna Dukung Pemulihan Ekonomi Cepat dan Tangguh

 

Pameran IFBC 2019 yang akan berlangsung 3 hari (Jumat s.d. Minggu) dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Semangat yang diusung pada event ini adalah siapapun bisa menjadi pengusaha, maka berbagai peluang bisnis di pameran IFBC ditawarkan mulai dari Rp 3,5 Jutaan hingga ratusan juta rupiah. Ragam usaha yang dihadirkan antara lain Usaha Retail seperti Qualitat (Retail Mesin ATM Kopi), Speed Queen (retail mesin laundry), Verona Houseware (retail perlengkapan masak), Golden Telor (keagenan telur ayam), Muslimadani (retail fashion), dan D’Retail (retail mesin kasir).

Jenis usaha kuliner yang tersedia antara lain CFC Indonesia, What’s Up Cafe, Ayam Ngemper, Ow My Plate, Kebab Turki Baba Rafi, Ngikan, Tokkebi Snacks, Container Kebab, Hot Pangsit Nyonyor, Smokey Kebab, Kebab Kitchen, Corner Kebab, Pasta Kangen, Foodpedia, Taichan Nyot Nyot, Dapur Serundeng, Food Opera Express, Sahla Nasi Rempah, Bakso Wong Djojo, Ayam Monyet, Sate Karyo, Soto Goceng, Steak Rame, Ayam Emas, Warteg Wong Dewek, Mie and You, Ayam Bebek Angsa, Nasi Kulit Malam Minggu, Nasi Oseng Bu Ayu, Ini Dimsum, Kupat Tahu Bu Fat, OtoBento, Mie Kota Batavia, Hungry Chicken, Bebek Sambalado, dan Ayam Legit. Untuk jenis kuliner kekinian: BeeBon Korean CornDog, Bobal, Tahu Jeletot Taisi, Queen Farata, Donuthing, The Tempe Club, Moshi Moshi, Black Kebab, Churrobites, Tapisi, Villa Cake Pisang, dan Tokio Street. Beberapa usaha kuliner selebritis: Gempikoe.id (Gisella Anastasia), Teppan Yuki (Yuki Kato), Kopi M Merry Riana (motivator Merry Riana), dan Nasi Jeruk Ayam Pandan Thailand (Rossa).

 

Baca juga  Kemudahan Layanan Rapid Test Covid-19 Lion Air Group - “Fasilitas di KUPANG Menjadi Pertama di Nusa Tenggara”

Sedangkan pada segmen usaha minuman terdapat keagenan LeMinarale dan Teh Pucuk Harum, waralaba Air MinumBiru, Air Minum Go Flow, Yo-wish (yoghurt drink), HeiMiMi, NyoklatKlasik, LoiLoi Street Cafe, Sueger Drink, Dahaga Indonesia, Yourthai Tea, Lullathai, TehSegerrr, Choco Village, Sweet Escape, Booba, Gluk Gluk Gluk Ahhh, dan Camcaw. Segmen minuman kopi beberapa waktu terakhir memiliki peringkat tersendiri di benak konsumen juga berpartisipasi pada acara ini: Upsolute Coffee, Ow My Cafe, Cforcupcakes Coffee, Mao Kopi, Mopi Everywhere, Warung Koffie Batavia, dan Kopi Kellon.

Keberhasilan suatu usaha kerap kali ditentukan oleh lokasi usaha, oleh karena itu beberapa penyedia komersial area menawarkan kerjasama dan peluang investasi: NWP Retail Mall Developer, yang menawarkan slot lokasi strategis di 30 mall seluruh Indonesia yang dikelola langsung dalam jaringan properti internal. Juga hadir VK Pods Capsule Hotel, Aston CilotoPuncak, D’Luxor Condotel Bali, Kurnia Land, Eastons property dan The Capsule Inn.

Pada segmen usaha pendidikan: Eye Level Indonesia (Korea), Ohayo Drawing School, Mopi Baca Tulis, Gakko Sempoa & Math, Shane English, Sunny Glow Montessori, Xile Mandarin, Sugaku Aritmatika, Rhino The Creator, Rumah Olimpiade Internasional Indonesia, Ninos Edutainment Park, dan Enspire School Digital Art. Untuk usaha wellness dan fitness: Royal Garden Spa, Klinik Kita, dan Curves Fitness (Australia). Dan untuk usaha otomotif: Shop and Drive, dan Global Carfix Indonesia.

 

Baca juga  Konser Spektakuler Dewa 19 dan Padi Reborn: Tiket Terbatas, Jangan Sampai Kehabisan!

Berkembangnya properti baik horisontal maupun vertikal memicu meningkatnya kebutuhan konsumen akan pemenuhan gaya hidup modern yang praktis. Pertumbuhan usaha binatu (laundry) dapat menunjang kebutuhan gaya hidup modern. Ragam usaha binatu antara lain Mr.Jeff Laundry (Spanyol), MesinLaundry.com, Maytag Laundry, Laundromat.id, E-Mam Laundry, dan Beko Indonesia. Dihadirkan pula bisnis jasa pengiriman barang yang semakin memudahkan konsumen, antara lain; Lion Parcel, Global Express, Dino Express, dan NCS Express.

Agrobisnis pun semakin memiliki peminatnya diantaranya: Mulia Wisnusetya Indonesia (Kerapu), Ednovation (kerapu), dan Tambak Udang Vaname (by Babarafi Enterprise). Untuk usaha perjalanan wisata: WJ Tour, dan Gaido Tour Travel. Untuk menunjang bisnis (support industries tersedia Tabungan Jenius BTPN, Yellow Pages, MD Media, Meeber POS, Vireo POS Android (Aplikasi Related Services), PT.Xanoco Digital Indonesia (Aplikasi Bisnis), Coach Dedi, Hendy Setiono Foundation, Indonetwork.co.id, dan Indotrading.com. Sejumlah usaha menarik lainnya antara lain Onna Prima Utama (Window Fashion), Stop N’ Go (Service Shoes&Bags-KPRI), Ricoh – Cetak Foto (PT.Journey Box Anugerah Mandiri -Digital Print),Importir.org (bisnis produk impor), dan GoExport.org (bisnis produk untuk ekspor).

 

Acara ini didukung penuh oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), DK Consulting, Hipmi

Batik Air, Aston Denpasar Hotel, BNI Syariah, UPH, Huawei, J&T Express, IFBC, Signify, Investree, Sadhana Ekapraya Amitra, Batam Aero Technic, Lion Air Group, Prodia, Inspirational Video, Motivational Video