Umum  

Hari Perempuan Internasional, Dua Pegiat Usaha Perempuan Terus Berinovasi Bersama Tokopedia

Indonesia, 8 Maret 2021 – Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, Tokopedia membagikan kisah inspiratif dari dua pegiat usaha lokal perempuan, Winarti Handayani dan Eveline Wirawan, yang masih bisa terus berinovasi mengembangkan bisnis di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi.

Head of Category Development Tokopedia, Falah Fakhriyah menyatakan, “Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa memberikan panggung seluas-luasnya bagi para pegiat usaha lokal, termasuk perempuan pegiat UMKM di bidang fesyen lokal, untuk terus beradaptasi bahkan di tengah pandemi.”

Falah menambahkan, “Mengingat UMKM menyumbang lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia, sehingga dipercaya dapat mendorong pemulihan ekonomi yang saat ini terdampak pandemi.”

Winarti Handayani-Kamalika Artprints, Bangkit Kembali Bersama Tokopedia

Winarti Handayani (42) mengawali karirnya sebagai seorang pelukis dan ilustrator buku anak hingga ia mendirikan Kamalika Artprints pada 2013. Melalui usahanya, ia menjual beragam produk kartu ucapan, stationery serta tas yang dilukis sendiri.

Baca juga  Gramedia Dukung Karya Penulis Lokal Melalui Kampanye shopee 6.6

Di awal pandemi, kenyataan pahit harus dihadapi Winarti. Seluruh toko offline miliknya terpaksa tutup sehingga omzet turun cukup drastis. Winarti langsung cepat beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia pada April 2020.

“Saya bersama tim akhirnya mulai melakukan inovasi produk yang lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. Selain kartu ucapan, kini Kamalika Artprints juga menjual masker kain, celemek, outerwear, rok dan produk dekorasi rumah,” tambahnya.

Penjualan Kamalika Artprints pun berangsur membaik sehingga jumlah karyawannya juga bertambah. “Kini 100% transaksi dilakukan lewat Tokopedia. Jumlah transaksi toko meningkat lebih dari 30x lipat pada Desember 2020 lalu jika dibandingkan dengan bulan pertama buka toko di Tokopedia (April 2020). Bahkan produk kami bisa menjangkau Kalimantan dan Sulawesi,” ungkap Winarti.

Baca juga  Resiliensi Bisnis Pertamina Geothermal Energy Terbukti dengan Peringkat Kepemimpinan yang Sangat Baik

Winarti juga membagikan tips kepada perempuan pegiat usaha yang sedang membangun bisnis, “Bekerja dengan tekun dan terus melakukan inovasi sesuai perkembangan pasar. Inilah kunci agar bisa bertahan di tengah pandemi,” ujar Winarti.

Eveline Wirawan-Kitakita Pajamas, Manfaatkan Tokopedia Demi Pertahankan Usaha

Berawal dari kecintaan pada pakaian tidur, Eveline Wirawan (26), memulai usaha piyama Kitakita pada 2018. Saat ini, Eveline mempekerjakan 8 karyawan dari masyarakat sekitar yang membantu mulai dari proses produksi hingga pengemasan.

Eveline mengaku kehadiran Tokopedia sangat membantu proses usahanya menjadi lebih mudah dan efisien. “Sejak bergabung pada Maret 2020, hampir 100% penjualan Kitakita berasal dari Tokopedia. Omzet per bulan kami pun melonjak 2 kali lipat,” tambah Eveline.

Ia juga kerap melakukan inovasi produk agar selalu relevan. “Saya bekerja sama dengan pengrajin kain dari Bali untuk koleksi piyama motif tiedye. Selain bisa membantu pengrajin lokal, kolaborasi ini juga menghasilkan produk dengan motif ciri khas Kitakita,” jelas Eveline.

Baca juga  Rayakan HUT ke-277 Kota Solo, Penjualan UMKM Solo Naik Hingga 5X Lipat Berkat Tokopedia

Dalam menjalankan bisnisnya, Eveline tak lupa memperhatikan lingkungan. “Saya mulai menggunakan kemasan ramah lingkungan. Saya juga terlibat dalam aksi donasi bersama salah satu organisasi peduli lingkungan,” terangnya.

Eveline menunjukkan harapan bagi para pegiat usaha lokal, terutama perempuan. “Di era teknologi saat ini, semua punya kesempatan yang sama untuk membangun usaha. Perempuan harus berani memulai dan jeli dalam melihat peluang usaha meskipun di tengah pandemi,” tutupnya.