Hari Gizi Nasional, Dimulai Pola Hidup Sehatnya yuk

Tahukah kamu kalau Hari Gizi Nasional Indonesia jatuh setiap tanggal 28 Februari? Hari Gizi Nasional diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi demi kesehatan. Kaum muda, terutama untuk anak-anak, bahkan remaja perlu mendapatkan asupan gizi yang tepat agar dapat membantu pertumbuhan mereka dan membantu mereka memiliki tubuh yang sehat. peran orang tua juga sangat membantu untuk terus mengingatkan kepada para anak untuk tidak melupakan makanan sehat nya,  Apalagi dikondisi saat ini dimana menjaga kesehatan sangat penting, kita harus memastikan bahwa kita mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang bernutrisi agar kita tetap sehat dan bugar.

Salah satu kelompok makanan yang mengandung gizi baik untuk kesehatan adalah produk susu dan dairy (produk olahan susu). Susu sapi segar mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita. Susu juga diketahui memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan kita, seperti lemak tak jenuh, vitamin K-1 dan K-2, serta probiotik. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prospective Urban Rural Epidemiology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari dua porsi produk susu dalam sehari memiliki tingkat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit menkonsumsi produk susu[1].

Yogurt, yang merupakan salah satu produk olahan susu, juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Yogurt adalah produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa yang terkandung dalam susu telah berubah menjadi asam laktat. Yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita seperti bakteri baik (probiotik) dan serat pangan yang dapat membantu fungsi sistem pencernaan dan memperkuat daya tahan tubuh; kalsium yang membantu memperkuat tulang dan gigi; Vitamin B6 dan B12, riboflavin, kalium, magnesium. Yogurt yang sebenarnya, memiliki rasa yang asam sebagai akibat proses fermentasi laktosa menjadi asam laktat, jadi kita harus cermat dalam memilih produk mana yang adalah produk yogurt yang sebenarnya. Perhatikan kembali rasa yogurt yang kamu konsumsi karena jika terlalu manis, kemungkinan yogurt sudah ditambahkan dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Yogurt juga terbuat dari susu asli, bukan susu bubuk, serta diproses dengan suhu tepat sehingga masih terdapat bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk diantaranya Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Selain produk olahan susu, buah-buahan juga mengandung gizi yang baik untuk kesehatan kita. Stroberi adalah satu contoh buah yang memberikan beberapa manfaat kesehatan yang besar. Stroberi kaya akan serat, kalium, dan vitamin C, yang bagus untuk mengurangi stres oksidatif dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker[2]. Sedangkan mangga adalah jenis buah yang tinggi serat, dan merupakan sumber vitamin A dan C yang bisa memberi dampak positif untuk rambut dan kulit. Mangga juga mengandung asam folat, B6, zat besi dan sedikit kalsium, zinc serta vitamin E. Mangga juga sumber senyawa fitokimia tertentu seperti galotanin dan mangiferin yang menurut penelitian sangat bermanfaat bagi kesehatan.