BPSDM PUPR Gelar 13 Pelatihan E-learning di Tengah Pandemi Covid-19

35

Jakarta, 27 Mei 2020 – Meskipun pandemi Covid-19 masih belum berakhir, namun Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tetap melaksanakan kegiatan pelatihan susai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Sebagaimana laporan Kepala BPSDM, Sugiyartanto, kepada Menteri PUPR, bahwa selama pandemi Covid-19 BPSDM memajukan seluruh pelaksanaan kediklatan dan assessment dengan menggunakan metode e-learning, dari yang biasanya dilakukan dengan metode klasikal atau tatap muka.

 

Adapun bidang-bidang pelatihan yang telah dilaksanakan dengan menggunakan metode e-learning, adalah sbb:

1. Bidang Sumber Daya Air (SDA) dan Konstruksi, yakni Pelatihan Teknis Hidrologi untuk Alokasi Air yang berlangsung di Balai Uji Coba Sistem Diklat Sumber Daya Air dan Konstruksi (11-20 Mei 2020); Pelatihan Hukum Kontrak Konstruksi di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta (12-16 Mei 2020); Pelatihan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di Balai Diklat PUPR Wilayah VI Surabaya (11-15 Mei 2020); dan Pelatihan Teknis Penyelesaian Sengketa Kontrak Konstruksi di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah IV Bandung (mulai 11 Mei).

2. Bidang Jalan Jembatan, Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (PIW) meliputi: Pelatihan Pejabat Inti Satuan Kerja (PISK) Bidang Permukiman (2–7 Maret 2020) dengan memanfaatkan teknologi e-learning dan aplikasi konferensi video pada sesi bimbingan dan seminar mengenai Implementasi PKSK, webinar mengenai Konsep Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Dalam Infratruktur Dalam Menghadapi Aspek Kebencanaan Non-alam (Pandemi); Pelatihan Pengelolaan Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara (BGN) di Balai Diklat PUPR Wilyah VIII Makassar, secara online dengan memanfaatkan teknologi informasi dan aplikasi pembelajaran E-pelatihan serta Video Virtual Reality 360; dan Pelatihan Pengelolaan Teknis Pembangunan BGN (13-27 Mei 2020) di Balai Diklat I Medan, dimana pelaksanaan uji kompetensi akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2020 dengan metode yang sama.

 

Selanjutnya BPSDM juga telah melaksanakan Pelatihan Pendampingan Penyusunan Dokumen Lingkungan Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional dan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Perkotaan (full e-learning) oleh Balai Diklat Wilayah V Yogyakarta (27 April s/d 12 Mei 2020); Pelatihan Manajemen Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan Dasar I (13 -19 Mei 2020) serempak di tiga tempat, masing-masing di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta, Balai Diklat PUPR Wilayah II Palembang, dan Balai Diklat PUPR Wilayah I Medan; Pelatihan Teknologi Jembatan Gantung Pejalan Kaki. Pelatihan yang dilaksanakan secara penuh dengan metode jarak jauh tersebut berlangsung pada 11-15 Mei 2020 di Balai Uji Coba Sistem Diklat Jalan, Perumahan, Permukiman dan PIW.

Di Bidang Manajemen dan Jabatan Fungsional, pelatihan-pelatihan yang sudah dilaksanakan, adalah: Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Angkatan Ke-2 di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta (10 Februari s/d 6 Mei 2020) dan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Tahun 2020 di Balai Diklat Wilayah IV Bandung (9 Maret s/d 11 Juni 2020) yang dilaksanakan dengan memadukan metode e-learning.

UPH, Lion Air Group, Vivo, BPSDM PUPR, BNI Syariah, Inspirational Video, Motivational Video