Benchmarking Peserta Diklatpim Balai Diklat Keagamaan Palembang Ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pelaksanaan Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV Angkatan XXVI tahun 2018 yang dilaksanakan Balai Diklat Keagamaan Palembang  mempunyai pola baru. Setelah Seleksi Peserta Diklat Instansi yang melibatkan pejabat eselon III pada instanti pengirim peserta, mereka melaksanakan Benchmarking ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (31/7).

Ada 24 peserta yang diikutkan sebagai peserta yang termasuk Aparatur Sipil Negara yang memiliki potensi untuk dikembangkan serta memiliki kompetensi teknis sesuai dengan jabatan yang diduduki, memiliki pangkat minimal III/b, terlahir pada tahun 1962 ke atas. Ketentuan ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Kepala LAN Nomor 13 Tahun 2013.

Kepala Balai Diklatpim Kemenag Palembang Syafitri Irman, M.Pd.I  menyampaikan pemilihan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai tempat Diklatpim, karena kampus Islam tertua menjadi rujukan kampus dan unit lain. Kami minta arahan program strategis untuk diambil sepenuhnya sebagai bahan untuk mengembangkan di unit dari peserta masing-masing.

Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan UIN Sunan Kalijaga Drs. H. Handarlin H. Umar menceritakan perkembangan kampus dan bidang akademis. Kampus UIN Sunan Kalijaga ke depan sedang mengembangkan kampus II di Pajangan Bantul seluas 70 hektar untuk fakultas Kedokteran, Kemaritiman dan Teknik.

Lanjut Handarlin kemajuan yang lain, UIN Sunan Kalijaga sistem persuratan sudah menggunakan barkode. Kemudian bidang teknologi informasi akan menjajagi kerja sama dengan Otorita Batam untuk menyimpan data server, tak kalah lagi bidang akademik pelayanan perpustakaan untuk mahasiswa sudah menggunakan sistem Radio Frequency Identivication(RFID).

“ Semua itu berkat kerja sama bebagai pejabat yang selalu meningkatkan kualitas diri untuk maju bersama. Kita memerlukan orang yang pintar sekaligu cerdik dalam mengelola manajemen kampus. Dengan keahlian yang kita miliki, bersama membangun di bidang dan unitnya masing-masing. Dan jangan merasa puas dengan apa yang sudah dicapai, karena tidak ada orang yang pintar di dunia ini kecuali mereka yang terus belajar,” kata Handarlin saat menyambut peserta Diklatpim.

Kegiatan ini di laksanakan peserta Diklatpim dengan mengadakan diskusi dan sharing wawasan terkait administrasi,  arsiparis,  keuangan, akademik dan kerjasama kepada Kepala Bagian di masing-masing unit kerja UIN Sunan Kalijaga. Ada transfer ilmu dan berbagai pengalaman yang bisa menumbuhkan inspirasi baru untuk mengembangkan instansi pengirim peserta.

“Secara pribadi senang sekali bisa berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga. Kita jadi ada referensi untuk merencanakan proyek perubahan di instansi kita bekerja dan nambah  wawasan serta pengalaman. disamping bisa bertemu dengan teman lama bisa melihat langsung aktifitas rekan pegawai yang ada di ruang kerja,” kata Devitha Anggun, S.E., M.M Kasubbag Kerjasama dan kelembagaan UIN Raden Intan Lampung sebagai peserta Diklatpim.