Pelindo 1 Serahkan Bantuan untuk Nelayan Belawan

27

Medan, 5 November 2017. PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyerahkan bantuan Program Bina Lingkungan kepada masyarakat Bagan Deli, Belawan pada Jumat, 03 November 2017 yang bertempat di Kantor Kecamatan Belawan. Bantuan yang berupa 4 unit sampan nelayan berukuran 19 kaki & 23 kaki, dua jaring seloncong, dan dua jaring kepiting ini diserahkan secara simbolis oleh Senior Manager Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo 1, Saiful Anwar kepada Camat Belawan, Ahmad SP yang disaksikan oleh Kapolsekta Belawan, Perwakilan Lantamal Belawan, serta tokoh masyarakat dan perwakilan nelayan Belawan.

Dalam sambutannya, Ahmad SP selaku camat Belawan menyampaikan terimakasih kepada Pelindo 1 yang telah peduli kepada masyarakat Belawan. “Program bantuan ini merupakan bentuk sinergi pembangunan daerah oleh BUMN dan pemerintah. Bantuan ini mutlaknya dikelola masyarakat untuk kepentingan masyarakat Belawan. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama memajukan Belawan ke depannya,” jelas Ahmad.

Senada dengan hal tersebut, Safrida, warga masyarakat Belawan yang turut menerima bantuan juga menyampaikan terimakasih kepada Pelindo 1 atas bantuan yang diberikan. “Terimakasih kepada Pelindo 1, semoga bantuan-bantuan yang diserahkan ini bisa kami gunakan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat serta memberikan manfaat bagi kehidupan kami,” terang Safrida.

Saiful Anwar, Senior Manager Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo 1 berharap bantuan ini bisa membantu mengurangi beban masyarakat yang masih mengalami kekurangan di Belawan. “Mohon doakan Pelindo 1 agar bisa semakin baik kinerjanya, semoga tahun ini dan tahun-tahun berikutnya kita akan lebih banyak lagi membantu masyarakat Belawan,” ujar Saiful.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menambahkan bahwa program bantuan kepada nelayan ini merupakan program yang dilakukan Pelindo 1 secara berkelanjutan, seperti sebelumnya Pelindo 1 juga sudah menyerahkan bantuan kepada para nelayan yang berada di Medan Belawan, Medan Marelan, dan Medan Labuhan. “Pelindo 1 berupaya untuk berkontribusi langsung untuk mengembangkan bisnis dan memajukan kesejahteraan masyarakat secara terus-menerus. Cakupan kegiatan Program Bina Lingkungan Pelindo 1 meliputi bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan dan pelatihan, pengembangan sarana dan prasarana umum, bantuan kesehatan masyarakat, bantuan sarana ibadah, bantuan pelestarian alam, serta sosial kemasyarakatan,” pungkas Fiona.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) dan RSPM (Rumah Sakit Pelabuhan Medan) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK), dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.  Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional

Pelindo 1, Indonesia Gateway