Meriahkan Hari Raya dengan Keunikan Ritual Adat Barong Ider Bumi Kemiren di Banyuwangi

Infografis: Instagram @banyuwangi_tourism

Banyuwangi – Banyuwangi, sebuah kabupaten yang terkenal dengan kekayaan adat dan tradisinya, kembali akan menggelar salah satu ritual adat paling dinanti, Barong Ider Bumi Kemiren. Ritual ini tidak hanya menjadi daya tarik bagi warga lokal tetapi juga para wisatawan yang ingin menyaksikan keunikan budaya asli Indonesia.

Apa Itu Barong Ider Bumi?

Barong Ider Bumi adalah upacara adat yang diadakan oleh masyarakat Osing di Desa Kemiren, Banyuwangi. Upacara ini merupakan ekspresi syukur dan permohonan perlindungan kepada alam semesta. Dilaksanakan setiap tahun pada hari kedua Idul Fitri, atau tepatnya pada 2 Syawal menurut kalender Islam, ritual ini bertujuan untuk menolak bala dan memohon keselamatan serta kesejahteraan bagi masyarakat.

Baca juga  Mindful Living #1: Meditation, Tea Time & Aromatherapy Insight

Detail Acara:

  • Tanggal: 11 April 2024 (2 Syawal)
  • Lokasi: Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi
  • Waktu: Mulai pukul 14.00 WIB

Selain ritual utama, pengunjung juga akan dihibur dengan berbagai macam pertunjukan adat lainnya yang kaya akan nilai sejarah dan budaya. Ini merupakan kesempatan emas untuk menyelami kearifan lokal dan kekayaan budaya Indonesia.

Mengapa Harus Menyaksikan Barong Ider Bumi?

Ritual Adat Barong Ider Bumi Kemiren tidak hanya sekedar upacara adat, tapi juga sebuah manifestasi dari kekayaan budaya dan tradisi yang telah turun-temurun dilestarikan oleh masyarakat Desa Kemiren. Bagi Anda yang sedang berlibur di Banyuwangi saat lebaran, ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Anda tidak hanya akan menyaksikan sebuah acara budaya yang unik, tetapi juga merasakan keramahan dan kehangatan dari masyarakat Osing.

Baca juga  Penjelasan Operasional dan Penanganan Satu Tamu Batik Air Penerbangan Nomor ID-6050 Rute Soekarno-Hatta Tujuan Denpasar

Tips Saat Menghadiri:

  • Datang lebih awal untuk mendapatkan tempat yang strategis.
  • Kenakan pakaian yang sopan dan nyaman, mengingat ini adalah acara adat.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen spesial ini.
  • Patuhi aturan dan arahan dari panitia demi kelancaran acara.

Tetap Update Informasi Terbaru

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ritual Adat Barong Ider Bumi Kemiren dan acara budaya lainnya di Banyuwangi, pastikan Anda terus mengikuti update terbaru. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi bagian dari sebuah tradisi yang begitu kaya akan makna dan pesona.